Cara Mengajari Anak Berpuasa Ramadhan

26 Mei 2018 Artikel Pendidikan   |    Fitrah al anshori


Ramadhan tahun 2014 tinggal menghitung hari lagi, semoga kita semua dapat mencapai bulan yang penuh berkah tersebut demi untuk mendapatkan kemuliaan pada bulan ramadhan. Bulan ramadhan biasanya menjadi ajang pembelajaran bagi anak-anak kita untuk merasakan bagaimana kehidupan orang yang tidak mampu. Bagi anak-anak kita yang baru mulai berpuasa sebaiknya diajarkan cara berpuasa sejak masih kecil agar terbiasa hingga dewasa kelak. Mengajari anak berpuasa cukup gampang-gampang susah.

Nah bagaimana cara mengajari anak berpuasa?
1. Jelaskan kewajiban berpuasa

Sebelum memerintahkan bangun sahur, sebaiknya Anda mengajari anak Anda tentang kewajiban berpuasa, apa saja yang harus dilakukan selama berpuasa serta manfaat berpuasa bagi dirinya.

2. Lakukan latihan bertahap
Anak Anda sebaiknya dilatih berpuasa secara bertahap seperti puasa 10 hari pertama sampai jam 10 pagi, kemudian 10 hari selanjutnya sampai jam 12 atau sampai jam 1, nah 10 hari terakhir baru Anda coba berpuasa full. Tetapi bila anak Anda tidak sanggup, silahkan latih pada tahun depan.

3. Berikan makanan yang bergizi
Makanan bergizi membantu anak Anda agar tetap kuat menjalani ibadah puasa hingga waktu berbuka tiba. Berilah segala macam makanan bergizi dan berenergi. Sebaiknya hindari makanan junk food karena kurang baik untuk sahur ramadhan.

4. Buatkan menu favorit sahur
Makan di waktu subuh bukanlah hal yang mudah sebab waktu itu bukan waktu makan normal sehingga kita tidak sedikit yang merasa malas makan. Demikian pula halnya anak Anda, untuk mengatasi hal ini sebaiknya Anda membuatkan menu makanan yang sangat disukai anak Anda sehingga ia tetap ingin bangun sahur setiap hari.

5. Hindari segala bentu pengganggu
Agar anak-anak tidak meminta makanan di siang hari, maka Anda jangan memperlihatkan makanan kepadanya, Ajaklah bermain agar ia lupa dengan makanan hingga waktu berbuka

6. Berikan hadiah
Hadiah merupakan sesuatu yang sangat berarti bagi seorang anak. Berilah hadiah khusus sesuai perjanjian apabila anak Anda telah sanggup melewati target puasa hariannya. Tujuan dari hadiah ini adalah agar anak Anda semakin bersemangat dalam menjalani ibadah puasa.

Itulah 6 cara mengajari anak berpuasa ramadhan. Selamat mencoba

(Penulis adalah pengajar di bimbel SSA makassar)
Blog http://biologiuinmks.blogspot.com)