Cara Mendapatkan Nilai Baik dengan Sedikit Belajar

10 April 2016 Artikel Pendidikan


Akan menjadi hal yang mengagumkan bukan jika Anda dapat meraih nilai bagus tanpa memaksa otak dan mengorbankan hidup Anda.

Banyak dari siswa yang belajar hingga lelah. Kuncinya adalah mengalokasikan waktu untuk belajar dengan efektif. Berikut beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk meraih nilai bagus.

1. Tidur cukup

Tidur merupakan hal penting. Latih respon Anda dengan tidur nyenyak tidak lebih dari 8 jam sehari, tetapi tidak kurang dari 7 jam. Hal tersebut dapat meningkatkan tubuh dan kesehatan otak anda serta energi.

Salah satu trik lain adalah dengan mengkombinasikan teh atau kopi dengan tidur siang. Minumlah kopi atau teh sesuai selera, kemudian tidurlah sebentar tidak lebih dari 20 menit. Anda akan bangun dengan energi tambahan yang merupakan efek dari kafein.

2. Telusuri cara belajar Anda

Orang-orang biasanya belajar melalui penglihatan, suara, atau sentuhan. Anda perlu mencari tahu mana yang bekerja untuk anda. Ketika anda menemukan metode yang cocok untuk anda, adaptasikan hal tersebut ke dalam tehnik belajar Anda.

3. Ajari orang lain

Cara lain untuk belajar lebih efektif adalah dengan mengajarkan orang apa yang kamu pelajari. Lakukan hal tersebut Anda dapat menghabiskan waktu sekaligus membantu teman Anda, selain itu Anda juga mempelajari materi dengan efektif.

4. Jangan mengorbankan kehidupan sosial Anda untuk belajar

Hal tersebut bukan berarti anda harus hura-hura, tidur telat, dan bangun siang stiap hari. Tetapi kehidupan sosial yang sehat seperti teman dan keluarga yang membangun motivasi anda sangat baik untuk kesuksesan Anda. Pastikan anda mempererat hubungan sosial Anda dan tetap menjadikan belajar sebagai prioritas.

5. Tingkatkan pikiran Anda.

Hukum alam tidak bisa di hindari. Anda menuai apa yang anda tanam, dan hal tersebut berlaku untuk pikiran Anda. Miliki rasa ingin tahu yang besar. Belajar. Mendengerkan lebih banyak ketimbang berbicara. Carilah kebijaksanaan dan tumbukan kecerdasan. Walaupun hal tersebut terkesan naif, berlatih berpikir positiflah dan selalu bersyukur. Pikiran yang senang belajar lebih banyak ketimbang negatif, dan pikiran sinis.

Oleh: Muhamad Erzal
(Dikutip dari lifehacker.org)