Cara Menangani Anak yang Gemar Melamun

16 Januari 2015 Artikel Pendidikan


Melamun adalah bentuk imajinasi, fantasi atau pikiran yang terjadi pada seseorang saat terjaga. Seseorang akan membentuk gambar mengenai situasi tertentu, peristiwa, atau orang lain yang pernah ditemuinya atau juga belum. Melamun adalah bagian alami pada anak-anak. Apakah anak Anda gemar melamun? Apakah Anda mengira dibalik kebiasaan itu, anak menyimpan sebuah masalah? Anak yang melamun belum tentu mempunyai masalah dalam perkembangan pribadi dan sosialnya. Akan tetapi, anak yang melamun secara berlebihan dan menjadi kebiasaan harus mendapat penanganan dan bimbingan.

Berikut beberapa langkah untuk menangani anak yang gemar melamun:
1. Mengajak bicara anak

Lebih sering mengajak bicara anak dengan cerita-cerita ringan dan berdialog dengan anak. Akan lebih berhasil jika anak mau menceritakan lamunannya dan diskusikan lamunan anak tadi. Dasar melamun yang berlebihan adalah tidak terpuaskannya kebutuhan emosi anak dan kurangnya perhatian atau kesepian. Orangtua yang tidak dapat mengadakan hubungan emosi yang hangat dengan anak sehingga anak tidak mendapatkan bantuan emosional dapat juga mengakibatkan anak sering berfantasi.

2. Ajak teman-temannya
Ikut sertakan teman-temannya untuk mengajak bermain atau berdiskusi dengannya dan dekatkan anak dengan temannya, paling tidak satu teman khusus yang dapat mengajaknya bicara.

3. Jangan memvonis
Jangan pernah secara langsung memvonis anak tentang lamunannya apalagi sampai menertawakannya.

4. Beri anak kesibukan
Berikan kesibukan yang ia sukai. Jika anak suka menggambar atau mewarnai, ajaklah mereka untuk menggambar dan mewarnai. Kemudian ajaklah anak untuk bercerita tentang hasilnya.

Nah, itulah beberapa langkah untuk menangani anak yang gemar melamun. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)