Cara Membaca Tanggal Kadaluarsa

20 September 2014 Artikel Pendidikan


Ketika kita membeli sesuatu produk yang dimakan atau diminum, sebelum membelinya biasanya kita akan melihat expired date dari produk tersebut. Expired date ini sangat penting untuk diperhatikan karena produk yang akan kita komsumsi ini diperlukan untuk tubuh. Tetapi kalau kita membeli yang sudah expired, maka produk tersebut bukannya akan menyehatkan kita, tapi malahan akan membuat hal yang sebaliknya.

Jika Anda memperhatikan, tanggal kadaluarsa sendiri sangat banyak jenisnya. Berikut ini berbagai jenis tanggal atau batas kadaluarsa, dan pengartiannya.

Sell-By Date (Dijual pada Tanggal)
Tanggal Sell-By merupakan tanggal yang digunakan oleh para toko agar mereka tidak lagi menjual makanan tersebut jika sudah melewati tanggal ini. Tanggal ini memperbolehkan para karyawan toko untuk mengetahui berapa lama sebuah produk dapat dipajang. Walaupun produk yang melewati tanggal sell-by ini masih dapat dimakan, Anda dianjurkan untuk tidak membeli produk tersebut jika sudah melewati tanggalnya ini. Tanggal Sell-By ini digunakan untuk memastikan bahwa produk masih segar.

Best if Used Before / By Date (Terbaik Sebelum Tanggal)
Tanggal ini digunakan oleh produsen untuk memberitahukan sampai kapan produk terkait masih berada dalam titik kesegarannya. Produk tersebut masih tetap dapat dimakan walaupun sudah melewati tanggal ini, tapi kesegaran dan kualitas makanan akan telah berkurang. Beli dan gunakan produk tersebut sebelum tanggal tertera untuk kesegaran dan kualitas terbaik.

Ada Lebih Dari 2 Tanggal
Bila di kemasan tertera lebih dari 2-3 tanggal berbeda, maka ada beberapa cara membacanya. Tanggal tersebut biasanya memainkan peran tersendiri. Misalnya, tanggal pertama adalah untuk tanggal produksi, tanggal kedua tanggal dikeluarkannya produk tersebut dari pabrik, dan tanggal sisanya adalah tanggal yang menginformasikan tentang kadaluarsa.

Kode P/M
Artinya adalah product by atau manufactured by. Kode ini biasanya disertai tanggal yang menjelaskan tanggal produk tersebut dibuat. Biasanya ada kode singkatan tertentu untuk nama perusahaan.

Use-By Date (Gunakan Tanggal)
Serupa dengan Best if Used Before Date, tanggal Use-By ini digunakan untuk menunjukkan kapan sebuah produk akan mulai mengalami penurunan kualitas dan rasa. Dan sama seperti Best If Used Before Data, Anda dianjurkan untuk membeli dan menggunakan produk sebelum tanggal yang tertera untuk kualitas terbaik.

Pack By Date
Adalah kode tanggal tercetak pada kemasan yang menjelaskan kapan produk tersebut dipacking oleh produsen atau distributornya. Biasanya, kode ini terdapat pada minuman seperti kopi, teh, manisan atau buah kaleng.

Closed or Coded Dates (Kode Tanggal)
Ini adalah kode kemasan atau pengepakan yang menunjukkan kapan produk terkait dikirimkan. Kode ini biasanya berisikan urutan angka dan huruf yang menunjukkan tanggal dan waktu kontainer diisi dan tempat produksi. (Terlihat seperti 045B97 April 11, 2008). Hal ini harus dibedakan dengan tanggal kadaluarsa, ini hanya tanggal pengiriman dan tidak terkait dengan kualitas makanan.

Shelf Life (Masa Tahan)
Jika Anda mendengar tanggal Shelf Life, Anda tidak perlu bingung. Hal ini mengacu ke tanggal-tanggal kadaluarsa lainnya, baik itu use-by date, sell-by date, best used before date. Shelf Life hanya sebuah istilah untuk mengacu ke jenis-jenis tanggal kadaluarsa tersebut.

Jadi pada dasarnya tanggal kadaluarsa ini memang tidak pernah menunjukkan keamanan dari apakah makanan tersebut masih boleh dimakan atau tidak, tapi menunjukkan bahwa kualitas makanan akan memburuk jika tanggal tersebut telah dilewati dan baiknya memang produk atau makanan tersebut tidak dimakan atau digunakan lagi.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)