Cara Memanfaatkan Waktu dengan Efektif

26 Oktober 2019 Artikel Pendidikan


Semua orang memiliki kapasitas waktu yang sama yakni 24 jam setiap harinya. Perbedaan antara orang sukses dan orang yang belum sukses dapat dilihat dari caranya mengatur waktu. Bahkan beberapa orang menganggap waktu adalah uang. 1 hari terdiri dari 24 jam. Atau setara dengan 1440 menit. Atau jika dikonversi dalam bentuk detik menjadi 86.400 detik. Sudahkah Anda memanfaatkan setiap detik yang Anda punya? Waktu tidak hanya setara dengan uang, namun lebih dari itu. Waktu merupakan aset tidak kasat mata yang paling sulit untuk dikendalikan penggunaannya. Untuk itulah diperlukan beberapa panduan yang bisa membuat Anda memanfaatkan waktu dengan lebih efisien lagi.

Berikut beberapa cara mengatur waktu dengan efektif:
1. Bekerja di waktu-waktu produktif

Waktu-waktu di saat badanmu masih segar, pikiran masih jernih adalah saat yang tepat untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Pastikan Anda melakukan pekerjaan yang sulit atau memerlukan pemikiran lebih di waktu produktifmu. Jangan mengerjakan sesuatu yang sulit di saat tubuh lelah dan pikiran yang penat karena akan sulit berkonsentrasi dan pekerjaan pun tidak akan maksimal.

2. Rencanakan kegiatanmu
Anda harus memiliki rencana jangka pendek dan panjang apa yang akan dilakukan. Buatlah catatan to-do-list (daftar pekerjaan yang harus dikerjakan) sebagai panduan dalam kegiatan sehari-hari. Pastikan rencanamu realistis. Ketahuilah kemampuanmu sendiri dan jangan membuat rencana yang muluk-muluk yang di masa depan akan membuatmu kewalahan.

3. Atasi kebiasaan menunda
Kebiasaan ini adalah kebiasaan yang paling banyak menghalangi seseorang untuk bisa memanfaatkan waktunya dengan baik. Ingat, jika Anda mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu yang singkat, hasilnya cenderung tidak maksimal. Orang yang menunda pekerjaan umumnya takut stres saat mengerjakan pekerjaan yang tidak menyenangkan baginya. Padahal, saat sudah mendekati deadline, Anda justru akan jauh lebih stres.

4. Hindari sifat perfeksionis
Sifat perfeksionis tidak akan membuat pekerjaan lebih baik secara keseluruhan. Anda hanya berkonsentrasi pada satu hal saja, tanpa memikirkan hal lain yang mungkin tidak kalah pentingnya. Akan lebih baik jika Anda juga mengerjakan yang lain juga. Apabila masih ada waktu, Anda bisa memperbaiki kekurangan tersebut.

5. Istirahat cukup
Siapa bilang apabila kita tidur, kita sama saja membuang waktu? Beristirahat 6 sampai 8 jam sehari, memiliki efek yang sangat baik untuk mempertahankan produktivitas. Bayangkan apabila Anda kurang beristirahat lalu jatuh sakit. Hal itu justru akan menghabiskan banyak waktu untuk memulihkan kondisimu. Selain itu, terlalu sering sakit sangat tidak baik untuk tubuhmu dalam jangka panjang

Semoga berhasil!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags