Cara Hemat untuk Liburan yang Menyenangkan

24 Desember 2015 Artikel Pendidikan


Liburan hemat dan menyenangkan, siapa yang tidak ingin mendapatkannya. Saat berbicara mengenai liburan, yang pertama muncul memang terkait dengan budget, dan biasanya perlu waktu cukup lama untuk bisa merealisasikannya. Liburan menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres dari rutinitas sehari-hari seperti bekerja. Tidak heran jika hampir semua orang terutama mereka yang memiliki kesibukan tinggi selalu menunggu datangnya momen liburan ini. Bahkan banyak dari mereka yang rela menghabiskan uang yang tidak sedikit atau sampai menguras uang tabungan hanya untuk berlibur. Namun nyatanya, Anda tetap bisa berlibur secara hemat dan tanpa harus menguras kantong. Terus, caranya gimana?

1. Tujuan Berlibur
Carilah tujuan baru yang biasanya dijadikan tujuan alternatif oleh wisatawan. Jangan mendatangi tujuan wisata yang sedang ramai diperbincangkan. Sebab, daerah yang sedang naik daun biasanya akan mematok tinggi harga penginapan dan lain-lain. Selain menekan biaya pengeluaran, Anda dapat menikmati pengalaman baru yang belum tentu dicicipi wisatawan lain.

2. Tiket Pesawat
Pastikan Anda memperoleh informasi pariwisata selengkap mungkin. Mulailah memeriksa harga tiket murah atau promo. Jika Anda belum yakin dengan harganya, periksa lagi tiap beberapa hari, siapa tahu ada penurunan harga. Saat harga turun segera lakukan pemesanan. Jika keberangkatan masih lama, jangan lupa mencatatnya. Jangan lupa, pesan langsung untuk tiket pulang-pergi karena biasanya harganya jadi lebih miring.

3. Transportasi Alternatif
Sebaiknya jangan terpaku pada satu alat transportasi, semisal pesawat terbang. Jika tujuan Anda bisa ditempuh lewat jalur darat, mulailah berhitung. Tidak ada salahnya memilih transportasi darat bila biayanya lebih murah. Memang perlu waktu lebih lama, tapi pengalaman yang didapatkan jadi sangat beragam.

4. Menginap di Kerabat
Biaya hotel dapat menyebabkan pengeluaran membengkak selama liburan. Untuk menyiasatinya, wisatawan bisa memilih menginap di rumah kerabat atau teman. Selain untuk menjalin silaturahmi, tentu Anda dapat berhemat. Ada pula jaringan sesama pelancong untuk hal yang satu ini. Jaringan tersebut tersebar di sejumlah negara. Terkadang Anda tak hanya mendapat akomodasi, tapi juga pemandu lokal gratis..

5. Pemandu Lokal
Melancong ke daerah baru memang asyiknya menggunakan jasa pemandu profesional. Namun tentu perlu dana lebih untuk membayarnya. Karena itu, sebaiknya gunakan jasa penduduk lokal yang umumnya meminta bayaran lebih murah ketimbang pemandu profesional.

Jadi, tertarik untuk mencoba cara di atas untuk rencana liburan hemat Anda? Semoga liburan yang sudah Anda rencanakan bisa terealisasi dan jadi lebih menyenangkan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)