Cara Efektif dan Bijak Mendisiplinkan Anak

13 Februari 2018 Artikel Pendidikan


Banyak cara yang dilakukan orang tua untuk mendidik anaknya menjadi lebih pintar dan mengajarkan berbagai hal yang tujuannya agar si anak menjadi pribadi yang lebih di masa yang akan datang. Banyak gaya didikan yang berbeda dari orang tua, mulai dari yang ketat dan otoriter, ada juga yang terlalu longgar, orang tua memiliki caranya tersendiri untuk mendisiplinkan anak-anak. Mendisiplinkan anak memang susah-susah gampang, kepribadian mereka yang masih memiliki ego tinggi terkadang menjadi kendala ketika orang tua untuk mengarahkan atau mendisiplinkan prilaku keseharian mereka.

Para ahli perkembangan anak berpendapat, usia balita adalah saat dimana si kecil mulai medefinisikan kemandirian versi mereka dan mulai memposisikan dirinya sebagai individu, tetapi di sisi lain mereka masih memiliki keterbatasan dalam hal berkomunikasi dan menganalisis masalah.Sebagai hasilnya sering orang tua bernegosiasi dengan anak hanya untuk menentukan pakaian mana yang akan dipakai saat si anak akan jalan di akhir pekan, atau terkadang orang tua sedikit kesulitan saat anak ngamuk di tempat umum karena keinginanya tidak dipenuhi.

Berikut beberapa cara bijak melatih disiplin anak:
1. Jika ingin anak mengikuti kemauan Anda

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang tua. Jika ingin membiasakan mereka melakukan sesuatu, Anda harus memberinya contoh. Misalnya, membuang sampah di tempat yang benar, merapikan tempat tidur setelah bangun atau mengunyah makanan tanpa bersuara atau bangun pagi.

2. Selalu memperlakukan anak sebagai orang dewasa
Mereka juga mencari rasa hormat dan kepentingan dari orang tua. Memberikan pujian karena berhasil menyelesaikan tugas dengan baik, memberi kesempatan memutuskan baju yang akan dibeli, misalnya. Hal itu akan membuat mereka merasa dihargai sebagai anggota keluarga.

3. Jika anak-anak sulit diatur di tempat umum
Bersabarlah dan mencoba memberi pandangan yang baik pada mereka. Jika mereka masih tidak memperhatikan Anda, ancam dengan hukuman. Namun, ingat untuk tidak menaikkan nada suara Anda atau memukul mereka. Sebab, aksi itu hanya akan membuat mereka tambah nakal.

4. Jika anak melakukan kenakalan di depan orang lain.
Jangan berteriak pada mereka. Tunggu sampai Anda kembali ke rumah atau orang lain tersebut menjauh. Kemudian menjelaskan secara tegas bahwa perilaku semacam ini tidak bisa diterima. Ingatkan juga pada mereka bahwa jika mengulangi perilaku ini, Anda akan memberikan hukuman.

5. Cobalah untuk tidak memarahi
Jika Anda ingin marah, sebenarnya itu hanya menunjukkan titik lemah Anda. Anak-anak akan dengan cepat menangkap reaksi Anda, bahkan bisa meniru perbuatan itu. Akan lebih baik, Anda mengarahkan mereka untuk melakukan sesuatu hal yang lebih positif.

Membimbing anak adalah sesuatu yang perlu dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan sentuhan kasih sayang. Hindarilah mendidik anak dengan menonjolkan kekuasaan orang dewasa, misalnya memarahi atau memukul, karena ini akan mengajari anak untuk melawan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)