Cara Belajar yang Efektif untuk Meraih Prestasi

3 Februari 2014 Artikel Pendidikan


Proses belajar memang sangat penting. Tidak bisa ditawar lagi dan memang sudah menjadi salah satu jembatan untuk dapat menguasai ilmu yang sedang dipelajari. Untuk itulah strategi sangat diperlukan. Hasil maksimal adalah impian, dan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak sekali orang yang merasa kebingungan mengapa hasil yang didapatkan kurang begitu maksimal, padahal juga sudah belajar dengan keras.

Menjadi sukses memang membutuhkan banyak kerja keras dan pengorbanan, sehingga Anda harus siap untuk menempatkan banyak usaha dalam mencapai semua impian Anda. Sukses adalah tentang menciptakan manfaat bagi semua orang dan menikmati proses. Jika Anda berfokus pada hal ini dan mengadopsi definisi ini, keberhasilan adalah milikmu. Orang-orang yang meraih kesuksesan dan berprestasi pun memiliki aturan-aturan yang sebenarnya menjadi prinsip dari diri mereka untuk bisa lebih sukses.

Berikut beberapa cara belajar yang efektif untuk meraih prestasi:
1.Jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain

Kita semua memiliki tujuan kita sendiri dalam hidup dan kita harus bekerja keras untuk memenuhi semua impian dan mencapai semua tujuan. Setiap orang berbeda dan ini bukanlah hal yang buruk. Perbedaan-perbedaan kecil ini yang membuat kita begitu unik, jadi cobalah untuk menghargai hal ini dan tidak selalu terobsesi tentang apa yang orang lain lakukan.

2.Nikmati prosesnya
Berprestasi biasanya menikmati proses, tidak hanya hasil. Luangkan waktu untuk menghargai apa yang terjadi disekitar Anda dan hiduplah saat ini tanpa berusaha untuk mengubah masa lalu atau takut apa yang akan dibawa oleh masa depan Anda.

3.Berdamai dengan masa lalu
Cobalah untuk berdamai dengan masa lalu Anda sehingga hal tersebut tidak akan mempengaruhi Anda saat ini dan terutama masa depan masa depan Anda. Maafkan diri Anda untuk semua kesalahan yang dibuat dan fokus untuk memenuhi semua impian Anda, bukan terus menerus memikirkan masa lalu Anda. Bergerak maju, mengampuni mereka yang berbuat salah kepada Anda dan tidak membiarkan siapapun mengganggu kebahagiaan Anda.

4.Kalkulasikan setiap resiko
Orang yang berprestasi selalu mengambil resiko yang lebih kecil dan membuat perhitungannya. Hal yang bijaksana adalah membuat rencana terlebih dahulu dan untuk tidak bertindak ceroboh karena kita tidak akan pernah tahu langlah apa yang terkadang perlu diperbaiki.

5.Buatlah tujuan yang masuk akal
Tetapkan tujuan yang realistis dan masuk akal sehingga Anda akan dapat mencapainya jika Anda bekerja cukup keras dan memiliki cukup kesabaran. Jangan tetapkan tujuan yang tidak realistis karena dapat membawa Anda pada penderitaan dan kegagalan. Percaya pada diri sendiri dan bekerja keras untuk memenuhi semua impian Anda tapi pastikan tujuan yang dibuat masuk akal dan sesuai dengan upaya Anda.

Paling penting adalah utamakan prioritas Anda. Karena biasanya kita menilai diri sendiri dari apa yang dirasakan, sedang orang lain hanya melihat dari apa yang telah kita hasilkan. Sementara apa yang bisa kita hasilkan hanya kita sendiri yang tahu. Jadi, buat target yang percaya mampu meraihnya bukan apa yang dipikirkan orang lain. Begitu juga dengan cara belajar efektif, pilih cara baik mana yang paling pas dengan kondisi Anda. Selamat mencoba!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)