Cara Ampuh Meningkatkan Kecerdasan Otak

26 Agustus 2018 Artikel Pendidikan


Otak merupakan organ penentu kecerdasan seseorang. Seorang yang cerdas memiliki sel-sel otak yang lebih banyak dibandingkan orang yang tidak cerdas, hal ini bisa dilihat dari hasil tes IQ. Tingkat kecerdasan otak yang dimiliki manusia diseluruh dunia itu berbeda, dan jika Anda merasa bahwa otak Anda masih belum berfungsi dengan baik, maka Anda harus mencari cara untuk meningkatkan kecerdasan otak Anda tersebut. Apalagi dalam menghadapi era globalisasi yang semakin lama semakin banyak muncul permasalahan serta perkembangan yang baru, mengharuskan Anda untuk bisa beradaptasi dengan baik.

Ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, bisnis dan bidang yang lainnya akan semakin pesat dalam perkembangan maupun persaingannya. Jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk mengikuti perkembangan tersebut dengan kecerdasan otak yang tinggi, maka sulit bagi Anda untuk mewujudkannya.Untuk meningkatkan kecerdasan otak yang Anda miliki memang banyak cara yang bisa Anda lakukan, baik dengan menjaga pola hidup yang sehat, mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang cukup, maupun menggunakan alternatif pengobatan tertentu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Inilah beberapa cara ampuh membuat otak jadi cerdas:
1. Latih kemampuan mengamati. Perhatikan lingkungan sekitar. Rekam dalam pikiran apa yang Anda lihat, mulai dari yang paling sederhana dan diteruskan dengan observasi yang lebih rumit.

2. Asah indra. Bisa dilatih dengan membedakan rasa makanan yang disukai dan yang tidak. Menyadari bau dan aroma di sekitar atau bunyi-bunyian yang ada di jalan atau mungkin rasa panas atau dingin udara di sekitar Anda.

3. Hafalkan nama teman-teman dan pasangkan nomor teleponnya. Ada berapa yang bisa diingat? Latih supaya bisa mengingat lebih banyak.

4. Pelajari sesuatu yang baru. Banyak membaca dan berkenalan dengan hal-hal lain yang mungkin bukan bidang Anda, bisa bahasa asing, pengetahuan tentang komputer, dan lain-lain.

5. Gunakan tangan supaya mengikuti petunjuk otak. Misalnya bermain gitar, mengetik tanpa melihat tuts, mengerjakan prakarya dari kayu, atau berlatih menulis halus.

6. Hafalkan sesuatu yang Anda sukai. Bisa jadi itu puisi, lagu, kalimat dari sebuah buku atau kata-kata seseorang. Sebisa mungkin juga usahakan agar kalimat yang digunakan adalah bahasa asing.

7. Latihan menghafal urutan angka berderet panjang, misalnya 32145687390282930498. Ini adalah bentuk latihan memperbaiki daya ingat jangka pendek. Lakukan dengan mengelompokkan atau memecah bilangan itu menjadi beberapa bagian, misalnya 3214568 kemudian 7390282 dan terakhir 930498.

8. Ingat dan teliti ulang pengeluaran harian. Apa yang Anda beli kemarin? Berapa uang yang ada dalam dompet Anda sekarang? Kapan Anda terakhir mengambil uang tunai, dan seterusnya.

Latihan-latihan ini akan memungkinkan sel otak tetap aktif dan jaringan penghubung antarsel otak semakin rapat. Kegiatan mental yang menantang meningkatkan jumlah sirkuit aktif atau sinapsis dalam otak. Semakin banyak sirkuit, semakin banyak asosiasi, makin besar pula kemampuan mengingat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)