Cara Ampuh Mengatasi Demam Panggung

23 Oktober 2019 Artikel Pendidikan


Demam panggung atau biasa sebut grogi atau juga gugup, sering sekali kita alami di dalam kehidupan sehari-hari. Perasaan tidak biasa tampil atau berbicara di depan orang banyak menjadi penyebab utamanya. Padahal rasa demam panggung itu malah akan membuat suasana atau penampilan kita kacau dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, justru dengan kita bisa mulai percaya diri dan terbebas dari perasaan demam panggung penampilan kita akan sangat memuaskan dan membuat kita lebih percaya diri dan tidak akan merasa demam panggung lagi. Nah, lalu bagaimana cara nya agar kita bisa terlepas dari perasaan ini?

Berikut beberapa cara mengatasi demam panggung:
1. Persiapan

Salah satu penyebab demam panggung adalah kurangnya persiapan. Sebelum Anda maju di depan, coba untuk persiapkan apa yang akan dibicarakan nanti. Dengan persiapan maksimal pasti Anda menjadi percaya diri.

2. Terus berlatih
Berlatih di depan orang banyak adalah cara ampuh untuk mengatasi demam panggung. Misalnya, kita berlatih di depan teman-teman atau keluarga sebelum tampil. Kita minta mereka untuk mendengarkan apa yang ingin kita bicarakan. Demam panggung biasanya terjadi karena kita kurang terbiasa tampil di hadapan banyak orang. Akan lebih baik lagi bila mereka memberikan penilaian kepada kita, apa yang kurang dari kita nantinya bisa kita perbaiki sehingga saat tampil kita tidak lagi nervous.

3. Percaya diri
Percaya diri adalah kunci utama kita bisa melakukan sesuatu termasuk saat kita sedang berbicara di depan. Kita percaya bahwa kita bisa dengan kemampuan diri sendiri. Dan yakin bahwa kita mampu melenyapkan rasa grogi. Cobalah cari topik yang mudah kuasai. Bila kita disuruh bernyanyi, coba cari lagu yang pas dengan suara kita dan mudah untuk dinyanyikan.

4. Rileks sebelum tampil
Biasanya rasa gugup datang saat kita menunggu giliran untuk tampil. Untuk mengatasi rasa gugup sebelum tampil kamu bisa mencoba rileks, seperti berdoa, mendengarkan musik, mengobrol, dll.

Rasa takut dan gugup akan hilang bila kita terus mencoba dan mencoba lagi. Ingat, bila kita melakukan kesalahan saat tampil di depan, usahakan tidak langsung panik.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags