Cara Ampuh Membuat Otak Berpikir Lebih Cepat

16 Juni 2016 Artikel Pendidikan


Salah satu tanda untuk menilai seseorang itu cerdas atau tidak adalah kecepatan berpikir, kecepatan mengambil keputusan ketika berhadapan dengan sebuah masalah. Modal kecerdasan seperti ini bisa dimiliki oleh semua orang tergantung bagaimana membangun kemampuan berpikirnya. Kemampuan berpikir pasti akan dikaitkan dengan otak manusia, otak manusia pada dasarnya adalah komputer biologis.

Otak juga membutuhkan makanan, oksigen, dan butuh latihan untuk meningkatkan kemampuan berpikirnya. Anda bisa melakukan beberapa cara untuk meningkatkan kecerdasan otak dengan latihan. Bukanlah suatu hal yang mustahil kalau Anda bisa cerdas seperti ilmuwan. Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat otak Anda cepat berpikir.

Mengerjakan teka-teki atau kuis

Sering kita menjumpai adanya permainan yang bisa melatih kemampuan berpikir seperti teka teki silang. Luangkanlah waktu untuk mengerjakan sebuah teka-teki untuk melatih kecerdasan Anda, kecerdasan bisa dibangun dari kebiasaan-kebiasaan seperti ini. Sama seperi otot, otak manusia juga membutuhkan latihan secara regular. kalau tidak dibiasakan ia akan kehilangan kemampuan untuk bekerja secara maksimal. Apalagi permainan seperi ini akan mudah kita jumpai, teka-teki atau kuis via media teknologi informasi pun dengan mudah dapat kita temukan.

Berjalan kaki

Jalan kaki selain menyehatkan ternyata juga dapat meningkatkan kecepatan berpikir otak. Para peneliti University of Linois, Champaign, Amerika, mengatakan bahwa jalan kaki mampu meningkatkan sirkulasi koneksitas dan fungsi otak. Jalan kaki sedang selama 40 menit, tiga kali setiap minggu selama setahun dapat membantu meningkatkan fungsi otak pada lansia.

Mencoba hal-hal baru

Dengan mencoba hal-hal yang baru akan membuat cara berpikir kita akan semakin terasah. Melukis misalnya atau mempelajari salah satu alat musik yang baru, carilah lingkungan baru di mana Anda bisa menemukan orang-orang dengan hobi yang unik. Dengan menjadi kreatif memungkinkan Anda untuk menemukan solusi baru untuk setiap permasalahn yang lama di sisi lain meningkatkan kesadaarn pada saat yang bersamaan.

Tertawa

Cara ini sederhana tapi cukup bermanfaat. Karena untuk menertawai sesuatu, aneh kalau tidak lucu bisa saja Anda di cap kelainan mental. Tertawa ternyata dapat meningkatkan fungsi otak menstimulasi ke dua sisi otak pada saat yang bersamaan. Temukan hal-hal yang bisa menjadi bahan tertawaan tetapi pastikan objek tertawaan Anda bukanlah teman atau orang yang tersinggung pada saat Anda ketawa. Salah satu caranya adalah menonton acara televisi yang lucu.

Itulah cara membuat otak agar dapat berpikir dengan cepat. Jika tambahan, silakan berbagai di kolom komentar di bawah ini.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)