Cara Ampuh Bangkit Ketika Kehilangan Motivasi

17 Agustus 2019 Artikel Pendidikan


Semua orang pasti pernah mengalami masa-masa di mana kehilangan motivasi sampai-sampai tidak ingin melakukan apapun. Bahkan, buat orang-orang yang telah sukses sekalipun pasti mengalami saat ia merasa tidak ada motivasi untuk bangkit. Motivasi merupakan salah satu kunci yang akan mendorong Anda untuk mengambil tindakan dan bergerak setiap hari. Jika Anda tidak memiliki motivasi, Anda akan cenderung menunda-nunda pekerjaan. Inilah yang terjadi pada kebanyakan orang, apakah itu termasuk Anda? Jadi, jangan gampang untuk menyerah.

Berikut beberapa cara bangkit saat Anda kehilangan motivasi:
1. Ciptakan lingkungan yang mendukung

Lingkungan dapat mempengaruhi suasana hatimu. Secara tidak langsung akan menjadi seperti teman sepergaulan Anda. Jika Anda bergaul dengan orang-orang yang bersemangat, hidupmu juga akan semakin berenergi. Sebaliknya, jika Anda berada di lingkungan orang yang negatif, Anda akan semakin kehilangan motivasi. Jadi, cobalah mencari lingkungan yang akan membangkitkan motivasimu.

2. Jangan lupa niat awal
Jika Anda merasa kurang motivasi, cobalah untuk mengingat niat awal mengapa Anda ingin melakukannya. Alasan Anda melakukan sesuatu akan menjadi kekuatan yang mendorong Anda untuk bersemangat dalam menjalankannya. Jangan hanya melakukannya dengan terpaksa karena harus menyelesaikan tugas. Namun, Anda harus meyakini bahwa apa yang Anda lakukan benar-benar bermanfaat. Pastikan Anda memiliki alasan yang kuat dan tujuan saat Anda melakukan sesuatu untuk membangkitkan motivasi dalam diri.

3. Bayangkan kesuksesan yang diraih
Dengan membayangkan kesuksesan yang akan diraih akan membuat Anda lebih termotivasi untuk menjalani prosesnya. Anda bisa membayangkan apapun yang diinginkan, di manapun dan kapanpun Anda mau. Intinya adalah ketika Anda membayangkan dan memvisualisasikan suatu hal dalam pikiran Anda, Anda akan merasa termotivasi untuk melakukannya. Ketika Anda bermimpi tentang mobil yang Anda inginkan, Anda akan menciptakan motivasi dari dalam. Cobalah melakukan hal ini ketika Anda merasa seperti menunda-nunda dan tidak memiliki motivasi apapun.

4. Cari yang bisa memotivasi Anda
Cobalah untuk membaca buku motivasi, mengunjugi situs-situs motivasi, mendengarkan musik yang semangat, atau menonton tayangan yang inspiratif. Lakukan kegiatan tersebut minimal 30 menit di pagi hari agar membuat hidupmu lebih bersemangat. Dengan cara ini, Anda akan lebih bersemangat menjalani hari-harimu meskipun menghadapi persoalan yang cukup berat. Video dan audio juga sangat membantu. Semangat yang ditularkan lewat ceramah orang hebat ataupun musik yang Anda dengar akan memompa semangat untuk bersiap menghadapi situasi hari ini. Jadikan sebagai mood yang baik untuk menjalani hari yang luar biasa hari ini.

5. Istirahat
Kadang-kadang Anda hanya butuh beristirahat. Ingat, sukses bukanlah tujuan. Itu adalah sebuah perjalanan yang harus Anda lewati untuk jangka waktu yang panjang. Ini bukan seperti lari jarak pendek, tapi maraton. Banyak orang mengira sukses sebagai melakukan sesuatu yang besar dan kesuksesan yang akan datang lebih semalam. Yang benar adalah benar-benar sebaliknya. Oleh karena itu, pastikan Anda beristirahat dengan cukup. Anda perlu memahami kemampuan sendiri dan seberapa banyak yang dapat Anda lakukan. Jika selesai dalam suatu pekerjaan, Anda dapat memanjakan diri dan beristirahat. Setelah istirahat, Anda akan merasa lebih energik, lebih termotivasi dan siap untuk menghadapi dunia lagi.

Tetap semangat!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)