Artikel Pendidikan
8 Juli 2013

Buku Kurikulum 2013 Sudah Hadir, Ingin Melihat?

Hanya dengan hitungan hari saja, kita akan siap-siap terjun ke kurikulum 2013 yang akan dilaksanakan pada pertengahan Juli nanti. Mungkin tidak sedikit diantara siswa-siswa dan guru akan bertanya-tanya tentang penerapan mata pelajaran yang akan di gunakan dalam kurikulum 2013 nanti.

Kemendikbud sebelumnya juga pernah mengatakan bahwa gaya belajar dari kurikulum 2013 akan berbeda dari kurikulum tahun-tahun sebelumnya. Kurikulum 2013 ini memiliki inti pada pembelajaran yang sederhana dan didasari orientasi pembelajaran yang tematik-integratif.

Dengan adanya Kurikulum ini diharapkan mampu mencetak generasi yang siap dalam menghadapi tantangan masa depan. Siswa juga dituntut agar mampu dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan apa yang dipelajari. Targetnya, siswa memiliki kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang lebih baik. Lebih kreatif, inovatif, dan produktif.

Tradisi kurikulum sudah dimulai sejak dahulu. Mulai dari CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif), KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi), Kurikulum 2006, Kurikulum 2008, KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) hingga Kurikulum 2013 yang akan diterapkan pada pertengahan Juli nanti.

Satu hal yang tidak dapat dipungkiri dari dunia pendidikan di Indonesia adalah cara belajar siswa semakin merosot tajam. Kreativitas siswa dibatasi. Sebagian besar siswa sekarang ini tidak cinta belajar. Sudah seharusnya kurikulum mampu mengajak siswa agar bersemangat dalam belajar. Guru yang baik adalah guru yang mampu menciptakan suasana belajar yang bergairah. Saat ini, kita membutuhkan kurikulum dan guru yang mampu menjadikan belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan.

Saat ini, BSE (Buku Sekolah Elektronik) yang dibesut oleh Kemendikbud telah mengeluarkan beberapa buku mata pelajaran yang dapat memberikan gambaran bagaimana kurikulum yang akan berjalan di 2013 ini.

Buku elektronik ini memang dipublikasikan untuk siswa dan guru agar lebih mengenai cara pembelajaran kurikulum baru ini dan bisa diterapkan di berbagai jenjang seperti SD, SMP,SMA & SMK.

Agar tidak penasaran, yuk cari tahu cara melihat mata pelajaran yang digunakan di kurikulum 2013 berikut ini:

1. Untuk melihat buku mata pelajaran kurikulum 2013, silahkan anda kunjungi web resminya di laman berikut

2. Saat anda membuka linknya, pilih menu kurikulum 2013

3. Lalu pilihlah mata pelajaran yang diperlukan.

4. Supaya anda dapat mengambil file buku pelajarannya, silahkan mengunduhnya di menu Download.

(Dikutip dari BSE)

Artikel Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris