Buat Guru, Yuk Belajar Bagaimana Cara Mengajar

14 September 2016 Artikel Pendidikan


Mengajar pada hakikatnya adalah memberikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat kepada orang lain. Di lembaga pendidikan sekolah, mengajar artinya mentransfer sejumlah ilmu pengetahuan kepada siswa melalui proses pembelajaran. Apakah tranfers ilmu pengetahuan tersebut berjalan lancar dan diterima oleh siswa dengan baik? Inilah yang menjadi permasalahan penting seorang guru dalam mengajar. Tidak semua siswa dapat menyerap informasi belajar yang disampaikan oleh gurunya. Fakta ini ditandai dengan rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa setelah dilakukan penilaian.

Strategi dan metode mengajar

Mentranfer ilmu pengetahuan kepada semua peserta didik memerlukan strategi dan metode tertentu. Pemilihan strategi dan metode mengajar didasarkan atas karakter peserta didik dan materi pelajaran. Metode ceramah mungkin lebih baik dipilih jika siswa dalam satu kelas cukup banyak. Begitu pula jika karakter materi pelajaran bersifat hafalan, lebih sesuai jika menggunakan metode berceramah.

Pembelajaran menyenangkan

Siswa akan betah belajar apabila proses belajar-mengajar menyenangkan. Masalahnya, bagaimana guru belajar menciptakan suasana mengajar yang menyenangkan. Ini adalah sesuatu yang tidak mudah untuk diterapkan. Namun bukan pula sesuatu yang mustahil diterapkan.

Dalam hal ini perlu belajar dari waktu ke waktu sehingga pengalaman mengajar akan membuktikan betapa menyenangkan kegiatan mengajar. Selain mengajar, sesungguhnya seorang guru juga sedang dalam belajar. Belajar bagaimana cara mengajar yang baik dan menyenangkan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags