Buat Anak Jatuh Cinta dengan Musik, Karena Musik Kaya Manfaat

29 Desember 2016 Artikel Pendidikan   |    Kak Zepe


Menurut penelitian, musik sangat kaya akan manfaat, terutama bagi anak-anak usia dini. Dengan bermain musik, otak kanan dan kiri anak akan berkembang secara maksimal dan seimbang. Musik juga dapat memperkuat daya ingat anak. Hal ini sangat berguna bagi anak, karena anak-anak membutuhkan daya ingat yang kuat saat mereka banyak belajar sesuatu yang baru. Keceriaan anak-anak pun akan semakin bertambah dikala musik dinyanyikan atau dimainkan oleh anak-anak. Anak-anak akan terhibur, sehingga otot-otot mereka pun akan semakin rileks. Mengingat akan betapa kayanya manfaat musik bagi anak-anak, kita perlu membuat anak-anak semakin jatuh cinta dengan musik. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah tips dari Kak Zepe:

1. Fasilitasi anak dengan alat musik

Agar anak-anak akrab dengan alat musik, maka Anda perlu menyediakan alat musik di rumah Anda. Letakkan alat musik tersebut di tempat yang terbuka, misalnya di ruang tengah atau ruang tamu, sehingga alat musik tersebut mudah dijangkau anak-anak. Tidak perlu alat musik yang terlalu bagus atau mahal, mengingat alat musik yang dimainkan anak-anak akan beresiko lebih mudah rusak.

2. Motivasi anak

Berikan motivasi secara positif kepada anak dikala anak bermain musik. Kurangi kata-kata yang bersifat negatif, misalnya yang beruba kritikan. Karena hal ini dapat melemahkan semangat mereka dalam belajar. Berikan pula pujian di setiap perkembangan anak dalam bermain musik.

3. Bermain musik bersama

Luangkan waktu bermain musik bersama. Misalnya dengan cara memangku anak saat Anda bermain musik. Atau sedikit memberikan teori musik bagi anak, dan berikan kesempatan kepada anak untuk memainkan alat musik sementara Anda mementornya dan mengajarinya bila melakukan kesalahan saat bermain musik.

4. Mengapresiasi musik

Tunjukkan apresiasi Anda dengan musik di hadapan anak Anda, misalnya dengan cara merawat alat musik dengan baik, berhati-hati saat menggunakannya, merawat CD lagu dengan baik atau mengajak anak pada konser-konser musik. Hal ini akan membuat anak semakin mencintai musik.

5. Membeli media pendukung teori musik

Belilah buku-biku, film, atau CD pembelajaran bertema musik. Hal ini akan berguna untuk meningkatkan pengetahuan anak tentang teori musik dan berbagai hal tentang musik.

6. Memberi tahu anak manfaat musik

Agar anak semakin termotivasi untuk belajar bermain musik, Anda perlu memberitahu anak tentang manfaat musik.

7. Menceritakan tentang orang-orang sukses di dunia musik

Ceritakan kepada anak-anak tentang biografi orang-orang yang sukses di bidang seni musik. Misalnya artis-artis, pemain musik, atau penyanyi dengan segudang prestasinya dalam bermusik.

Agar anak-anak tidak bosan dalam bermain musik, Anda perlu membantu anak membuat jadwal bermian dan berlatih musik. Jangan sampai anak-anak merasa terbebani karena aktifitas bermusik mereka, mengingat pelajaran di sekolah yang semakin berat dari tahun ke tahun. Tetaplah jadikan musik sebagai aktivitas hiburan atau selingan, dan pelajaran di sekolah adalah hal yang utama.

(Penulis adalah Praktisi Pendidikan dan Pencipta Lagu Anak dalam aplikasi gratis" Lagu Anak Kak Zepe Vol 1 dan 2)