Bisa Itu Karena Terbiasa Loh!

10 April 2014 Artikel Pendidikan


"Kita adalah apa yang kita kerjakan berulang-ulang. Karena itu, keunggulan bukanlah suatu perbuatan, melainkan sebuah kebiasaan." Aristoteles, filsuf Yunani.

Hal kecil atau perbuatan sekecil apapun yang kita anggap biasa, jika kita lakukan secara terus menerus akan menjadi sebuah kebiasaan karena kita telah terbiasa melakukannya. Misalnya, saat kita berbohong, jika kita menganggapnya sebuah hal biasa, lama kelamaan kita akan terbiasa melakukan dan mengulanginya. Dan ketika berbohong telah terbiasa dilakukan, maka akan menjadi kebiasaan yang melekat dan mempengaruhi pada diri kita.

Semua orang tentu ingin menjadi orang sukses. Namun, menjadi sukses adalah sebuah perjalanan panjang di mana kita harus banyak berkorban untuk meraihnya. Akan ada banyak rintangan yang harus kita hadapi untuk menuju ke sana.

Tapi, lagi-lagi rintangan itu justru banyak yang berasal dari diri kita sendiri, terutama kebiasaan-kebiasaan kita. Karena memang pada dasarnya, musuh terbesar kita dalam mencapai kesuksesan adalah diri kita sendiri.

Mengubah kebiasaan adalah hal yang tidak mudah. Terlebih jika kebiasaan itu adalah kebiasaan buruk. Sekecil apapun membiasakan kebiasaan buruk, maka akan berdampak besar bagi kita dikemudian hari. Maka dari itu tanamkanlah kebiasaan baik dan benar mulai dari sedini mungkin dan dari ruang lingkup terkecil meskipun dimulai dari perbuatan yang kecil. Lakukanlah kebiasaan baik mulai dari diri sendiri, sekarang, dan jangan ditunda-tunda.

Ingat sukses merupakan sebuah kebiasaan!

"Kebiasaan yang sudah terbentuk merupakan kekuatan yang lebih besar dari kemauan dan keyakinan. Maka bangun kebiasaan positif." Andrie Wongso.

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)