Bingung Pilih Kursus untuk Anak? Simak Tips Cermat Berikut Ini

4 Oktober 2016 Artikel Pendidikan


Untuk mengembangkan bakat anak, banyak orangtua yang memilih untuk memasukan anak-anaknya ke tempat les ataupun kursus. Kegiatan tambahan di luar sekolah ini bukan berarti akan membatasi waktu anak, hal tersebut justru akan membantu anak untuk menyalurkan hobi dan kesukaannya sehingga bisa menjadi aset yang membanggakan.

Akan tetapi, tentu masalah memilih kursus bukan merupakan hal yang mudah. Jika tidak memahami keinginan anak, kursus atau les hanya akan menambah beban dan stres kepada mereka. Nah, untuk itu, Anda sebagai orangtua harus pandai dalam memilihkan kursus yang ingin diikuti si anak. Yuk simak tips berikut ini.

Cari tahu minat dan bakat

Masing-masing anak tentunya memiliki karakter yang berbeda-beda. Tidak semua yang menurut Anda baik , belum tentu disukai oleh anak. Kenali minatnya dan pilih tempat kursus yang dapat mengembangkan minat dan bakatnya itu. Jika si anak terlihat aktif maka masukanlah kursus yang dapat menyalurkan energinya itu seperti olahraga / dance.

Tanamkan komitmen

Pasti ada saatnya si anak akan malas-malasan ketika akan berangkat ke tempat kursus. Bicaralah dengannya dan cari tahu penyebabnya mengapa ia tidak ingin ke tempat kursus lagi. Bujuklah ia dengan lembut dan tanamkan komitmen kedepannya untuk mengikuti kursus tersebut.

Info tentang lembaga kursus

Cari tahu terlebih dahulu apa saja yang diraih murid lembaga tersebut, fasilitas dan latar belakang pengajar , serta metode pembelajarannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Kalau bisa tempat kursus yang diambil tidak terlalu jauh dari rumah sehingga si anak tidak malas dan mudah dijangkau oleh kita.

Waktu kursus

Walau kursus untuk anak sangat berguna bagi pengembangan minatnya, tidak semata-mata melupakan kegiatan wajibnya yaitu sekolah. Atur waktu dan sesuaikan agar tidak mengganggu pekerjaan rumah yang diberikan di sekolah. Pertimbangkan juga ketika memasuki pekan ujian. Jangan sampai kesibukan kursus justru memperburuk nilai di sekolah.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)