Bingung Cek SKTP 2015? Yuk Simak Ketentuannya!

4 November 2015 Artikel Pendidikan


Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para guru, pemerintah memberikan apresiasi pada guru berupa Tunjangan Profesi Guru (TPG). Karena tugas guru sekarang ini terbilang lebih berat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain mengajar, mereka juga harus mendidik dan memiliki tanggung jawab besar terhadap generasi muda penerus bangsa.

Lalu, apa itu program Tunjangan Profesi Guru?

TPG merupakan tunjangan yang diberikan bagi tenaga pendidik atau guru yang besarnya setara dengan 1 (satu) kali gaji pokok bagi guru yang diangkat oleh satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah atau pemerintah daerah pada tingkat, masa kerja, dan kualifikasi yang sama.

Sehubungan dengan program TPG, kali ini kesekolah.com akan membahas mengenai cara mengecek status data Surat Keterangan Tunjangan Profesi (SKTP) 2015.

Daftar lengkap penerima SKTP 2015 ini terdiri dari:

  • Daftar PTK Bersertifikat Pendidik Melalui Mekanisme Dana Pusat (Non PNS)
  • Daftar PTK Bersertifikat Pendidik Melalui Mekanisme Dana Transfer Daerah (khusus PNS) yang datanya sudah diupload oleh P2TK Dikdas.


Cek SKTP 2015

Sebelum cek status SKTP 2015 Anda, persiapkan NUPTK atau NRG(Nomor Registrasi Guru) dan koneksi internet untuk mengakses secara online. Berikut adalah link dari website resmi kemdikbud berisi langkah-langkah untuk melakukan pengecekan hasil verifikasi data yang telah dikirim melalui aplikasi Dapodik.

link: klik di sini

Kendala

Mungkin bagi sebagian dari Anda guru PNS maupun non-PNS belum memiliki SK atau ada data yang belum valid serta terisi dengan benar, kemungkinan memiliki masalah diantaranya:

  1. Belum Verifikasi GTT.
  2. JJM Tidak Memenuhi Syarat.
  3. Perlu Verifikasi Status Kepegawaian.
  4. Guru Bantu Pusat Tidak Ada SPK.
  5. Riwayat Pendidikan Tidak diisi.
  6. Sumber Gaji tidak jelas (lainnya).
  7. Tugas Tambahan Tidak Valid.
  8. NUPTK Bermasalah, NUPTK yang dientri berbeda dengan Database.
  9. Riwayat Pendidikan Tidak diisi.
  10. Sekolah Induk Tidak diketahui.
  11. JJM Tidak Memenuhi Syarat.
  12. Tidak ada sekolah induk dipilih (dicentang).
  13. Jenis PTK pada Dapodik Bukan Guru.
  14. Memasuki Usia Pensiun.
  15. Tempat Tugas tidak diketahui.
  16. Dan lain-lain


Untuk perbaikan data PTK yang belum valid mekanismenya tetap melalui sinkronisasi aplikasi Dapodikdas oleh masing-masing operator sekolah bersangkutan.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah daftar SKTP 2015 P2TK Dikdas Seluruh Indonesia baik PNS maupun Non PNS:

Daftar SKTP 2015 P2TK Dikdas Seluruh Indonesia (Guru PNS)

Daftar SKTP 2015 P2TK Dikdas Seluruh Indonesia (Guru Non PNS)

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)