Biar Tidak Stres dengan Rutinitas Kuliah, Ikuti Tips Ini!

18 Oktober 2013 Artikel Pendidikan


Rasa stres seringkali menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari termasuk ketika kita sedang kuliah. Berbagai masalah dan masalah membuat tugas yang diberikan oleh dosen membuat kita harus membagi waktu dengan perhitungan yang tepat. Apabila meleset, maka schedule yang telah kita terapkan pasti akan terbengkalai.

Inilah mengapa salah satu penyebab rutinitas kita terganggu akibat stres. Stres dalam lingkungan kuliah bisa terjadi pada mahasiswa baru seperti sulitnya beradaptasi dengan lingkungan dan suasana tempat mengeyam pendidikan yang baru, perbedaan cara mengajar antara guru dan dosen, dan hal lain penyebab stres berkelanjutan.

Mungkin kita pernah bertanya-tanya mengapa kita harus menghadapi stres lebih banyak daripada yang kita bayangkan? Kenapa? Karena kehidupan kampus, memang "dirancang" untuk keras dan bertujuan menyaring mereka yang tidak tahan tekanan.

Sebagai mahasiswa tidak harus selalu terfokus pada belajar karena belajar secara berlebihan membuat kita jenuh. Untuk itu, kita harus menyeimbangkan waktu kuliah dan saat istirahat untuk menyegarkan pikiran selepas belajar.

Untuk menghilangkan rasa stres bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti berikut ini.

1. Jadwalkan waktu
Buat rencana pekerjaan harian, mingguan dan bulanan. Tentu saja, kita bisa mengubah rencana tersebut sesuai dengan perkembangan yang terjadi. Tetapi, agenda ini akan menjadi pegangan tentang apa yang harus kita capai. Jangan andalkan otak untuk mengingat semuanya karena bisa jadi otak akan gagal melakukannya.

2. Bergabung dengan klub
Aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler akan membuat kita memiliki banyak teman baru. Keuntungan lainnya, kita bisa menjauh sejenak dari kegiatan sekolah dan mendedikasikan waktu untuk kegiatan di luar perkuliahan.

3. Hargai hasil jerih payah sendiri
Sesekali, beri reward kepada diri sendiri atas pencapaian kita. Misalnya merayakan dengan makanan kesukaan kita untuk keberhasilan kita mengerjakan tugas. Ini akan memutuskan rantai rutinitas dan me-recharge energi kita untuk tantangan berikutnya.

4. Olahraga
Olahraga meningkatkan detak jantung dan menghasilkan endorfin alami yang membuat kita bahagia. Memainkan permainan olahraga dengan teman, pergi ke gym atau sekadar joging keliling kampus bisa membuat kita lebih fokus. Jika memungkinkan, seimbangkan dengan yoga agar pikiran kita menjadi lebih tenang.

5. Tidur
Tidur dapat me "restart" pikiran kita sehingga dapat membantu kita unutk berpikir positif terhadap masalah yang sedang dihadapi. Jika kita mengatur waktu dengan baik, maka kita akan dapat tidur dengan baik pula. Hindari begadang. Ambil sebanyak mungkin waktu tidur, termasuk tidur siang.

6. Teliti teman
Tanpa kita sadari, teman bisa menjadi sumber stres. Jadi coba teliti lagi semua teman kita dan cari tahu siapa yang berpotensi dampak negative bagi diri kita. Kita punya kuasa penuh untuk "membuang" semua efek negatif dari teman. Jadi, bicarakan dengan teman dan minta dia mengubah perilaku buruknya.

7. Makan dengan baik
Sering kali, stres disebabkan oleh makanan yang kita buat. Misalnya, jika kita makan banyak junk food, maka berat badan kita cenderung akan langsung naik, dan kita pun akan khawatir dengan kesehatan fisik kita. Jadi, makanlah makanan yang sehat dan hindari makanan yang akan "meracuni" tubuh dan pikiran kita.

(Dikutip dari berbagai sumber)