Biar Tidak Alami Trauma, Ini Hukuman yang Pas untuk Anak Saat Nakal

2 Juli 2019 Artikel Pendidikan


Mendidik anak nakal memang tidak mudah dan memerlukan sedikit usaha ekstra jika dibandingkan dengan mendidik anak yang memiliki kepribadian yang biasa-biasa saja bahkan lebih cenderung mudah diatur. Dalam penerapannya, banyak sekali orang tua yang tidak mampu sabar dalam mengendalikan anak yang nakal dan mereka cenderung melakukan kekerasan kepada anak sebagai salah satu solusi terbaik dalam mendisiplinkan anak yang nakal.

Namun, perlu diingat juga jika kekerasan atau hukuman fisik tidak akan menjamin seorang anak merubah sikapnya. Jika memberikan hukuman fisik jangan sampai Anda menampar wajah atau memukulnya. Kalau bisa hindari hukuman fisik atau kekerasan pada anak. Anda tidak pernah tahu, bahwa hal tersebut bisa saja menyebabkan trauma bagi anak dan ia bawa sampai dewasa. Namun, terapkanlah hukuman yang lebih edukatif dan bermanfaat.

Berikut cara memberi hukuman yang baik pada anak:
1. Menyuruh anak membantu kita

Hukuman ini adalah menyuruh anak membantu pekerjaan kita. Namun jangan berikan pekerjaan yang sulit, berikan saja hal ringan misalnya, menyapu, merapikan ruang tamu, membuang sampah dll.

2. Mengurangi jatah bermain
Tujuan dari hukuman ini adalah membuat si anak jera dan tidak akan mengulanginya lagi. Dengan waktu main yang kurang, tentunya si anak akan bosan dan jenuh, sehingga dia akan berbuat baik.

3. Berjanji untuk tidak mengulanginya
Setelah kita membuat anak tersadar atas kesalahannya, maka selanjutnya buat anak untuk berjanji tidak akan mengulangi perbuatan tersebut lagi. Hal ini akan membuat anak lebih jujur dan menepati janjinya.

4. Beri hukuman bersih-bersih
Nah, hukuman ini sangat baik untuk anak. Anak akan belajar tentang sebuah akibat dari perbuatan yang tidak baik, yaitu menjaga kebersihan. Anda bisa memberikan hukuman saat dirumah, seperti membersihkan dan merapikan kamar, serta menyapu halaman rumah. Hukuman ini akan membuat anak lebih disiplin dan tanggung jawab.

5. Menyuruh anak menghafal
Hafalan ini bisa pelajaran sekolah atau surat-surat yang ada di kitab suci. Hukuman ini sangat mendidik, selain memberikan efek jera anak juga akan terlatih dalam berkonsentrasi.

Hukuman bagi anak seharusnya tidak dengan mempermalukan, menghina, atau dengan merendahkan anak. Karena hukuman yang dimaksudkan untuk dapat mengajarkan pada anak bahwa berperilaku buruk itu memang salah.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)