Besarnya Tempat Tidur Mempengaruhi Tumbuh Tinggi Remaja?

12 November 2019 Artikel Pendidikan


Masa remaja menjadi masa dimana seseorang sedang aktifnya mengikuti suatu kegiatan. Seringkali saking sibuknya, tubuh menjadi lelah. Namun perlu diperhatikan, jika remaja merasa kelelahan padahal aktivitasnya tidak terlalu padat, tempat tidur bisa jadi penyebabnya.

Sebuah studi mempelajari efek dari tempat tidur dengan kualitas tidur remaja. Studi tersebut digelar oleh Prof. Damien Leger, direktur dari pusat penelitian tidur di Paris, dan dr. François Duforez, pendiri European Sleep Center. Studi ini terdorong dari sebuah survey yang mengungkapkan bahwa remaja di Perancis tidak mendapatkan waktu tidur yang dianjurkan, yaitu 8 jam sehari.

Menurut National Institute of Statistics and Economic Studies (INSEE), remaja usia 15 - 19 tahun hanya tidur selama 7 jam 37 menit setiap malam. 17% dari mereka mengatakan bahwa mereka merasa waktu tidurnya kurang, bahkan 7% dari mereka menggunakan obat penenang untuk bisa tidur.

Untuk itu, agar remaja bisa tidur tepat waktu, Damien dan Duforez menyarankan agar orangtua memberi tempat tidur yang lebih besar untuk anaknya. Sebuah penelitian menemukan bahwa tempat tidur yang kecil dan sempit dapat menghambat pertumbuhan tubuh.

Mereka percaya, dengan tempat tidur yang lebih besar, mereka mendapatkan tambahan waktu selama 31 menit. Dengan begitu, remaja akan mendapatkan 22 menit tambahan waktu tidur yang berhubungan dengan pemulihan fisik dan pertumbuhan tubuh. Dengan tempat tidur yang besar pun mereka bisa memejamkan mata 15 detik lebih cepat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)