Berpikir Kreatif

11 Desember 2013 Artikel Pendidikan


Berfikir kreatif adalah suatu cara berpikir dimana seseorang mencoba menemukan hubungan-hubungan baru untuk memperoleh jawaban baru terhadap suatu masalah. Untuk berpikir kreatif diperlukan bahan-bahan dasar, bahan dasar inilah yang kemudian menentukan model pikiran seseorang.

Apa sih yang perlu kita lakukan agar sebuah pemikiran kreatif muncul dan bisa di aplikasikan?

Nah, berikut cara nya:

Bertanya

Kenapa harus bertanya? Karena dengan bertanya kita dapat mengetahui hal-hal yang perlu di lakukan dan ha-hal yang perlu kita tidak lakukan, dan hal-hal lain sebagainya. Cobalah untuk selalu bertanya seperti ini "Apa ada cara yang lebih baik?" ketika menghadapi sebuah krisis pemikiran dan usahakan kalian bertanya kepada kerabat kerabat terdekat kalian baik itu teman maupun keluarga dan diri sendiri.

Jawaban

Setiap akibat pasti ada sebabnya, begitu juga sebuah pertanyaan pasti ada jawaban. Ketika bertanya "Apa ada cara yang lebih baik?" pasti ada jawaban yang lebih dari satu dan itu akan menimbulkan sebuah kebimbangan dalam memilih satu jawab yang tepat, namun cobalah untuk secepat mungkin untuk menyadari kemungkinan banyak jawaban ketimbang satu jawaban yang benar, agar hal itu tidak menjadi sebuah kebimbangan dalam menentukan sebuah pemikiran yang kreatif.

Diri Sendiri Vs Kebiasaan

Jangan sekali-sekali menantang diri anda dalam hal yang sering kalian lakukan, karena hal itu akan menimbulkan sesuatu yang membuat kita jenuh dalam segala hal baik itu dalam wirausaha yang kita buat, tapi cobalah tantang diri kita dalam sebuah kebiasaan, tradisi dan kebiasaan rutin agak kita dapat sesuatu hal yang baru dan yang pastinya akan menimbulkan sebuah pemikiran yang kreatif dalam berwirausaha.

Masalah

Dalam hasil sebuah pemikiran pasti akan ada sebuah masalah, jadi hadapilah dan temukan jawaban-jawaban dari masalah tersebut.

Bermimpilah sebelum tidur.

Bagaimana caranya kita bisa bermimpi kalau belum tidur, itu hal yang sangat sulit di lakukan, karena pada dasarnya mimpi itu muncul ketika kita telah tidur, jadi mengkorelasikan ide-ide yang masih samar terhadap masalah untuk menghasilkan pemecahan inovasi, dan dengan begitu sebuah mimpi kita sebelum tidur akan terjadi dan ketika tidur kita akan mudah melanjutkan mimpi itu.

Berpikir, semua bisa dilakukan

Yakinlah, sesuatu yang akan kita kerjakan mampu kita selesaikan. Artinya, harus optimis. Buang ungkapan bernada pesimis. Misal, "Saya mungkin bisa mengerjakan". Ganti dengan ungkapan penuh optimisme. Contoh, "Saya pasti bisa mengerjakannya", "Bagi saya tidak ada kata menyerah!". Pernyataan optimis melatih kita berani masuk ke persoalan. Pola pikir pun berkembang, karena dipaksa memeras otak untuk mewujudkan tekad itu.

Semoga membantu!

Oleh: Ariyanti S

(Dikutip dari berbagai sumber)