Berikut Tips Menghindari Salah Paham

27 Februari 2018 Artikel Pendidikan


Suatu kesalahpahaman ini bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya faktor pengetahuan dan bahasa. Artinya, orang-orang yang memiliki latar belakang pengetahuan, pengalaman, dan bahasa yang sama, akan lebih mudah mencapai kesamaan persepsi. Salah paham memang sering terjadi dalam satu keluarga. Salah paham ini bisa mengakibatkan masalah kecil menjadi masalah yang besar dan tidak seharusnya dipersoalkan. Lihat saja begitu banyak kasus yang terjadi hanya karena salah paham.

Salah paham ini merupakan pengertian atau persepsi yang salah tentang orang, kondisi atau suatu hal. Jika hal ini dibiarkan akan mengakibatkan masalah yang tidak akan selesai dengan baik. Salah paham ini juga bisa diakibatkan karena informasi yang tidak sampai dengan sempurna atau hanya sepotong-sepotong.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya salah paham, ada baiknya kita belajar sabar, netral, tidak cepat menyimpulkan dan juga menghakimi serta lebih banyak mendengarkan. Mendengarkan sebenarnya merupakan komunikasi yang lebih efektif dari pada berbicara. Banyak orang di dunia ini memiliki kemampuan yang baik dalam berbicara, namun sedikit yang mampu dan mau mendengarkan orang lain. Mendengarkan penjelasan dari sudut pandang orang lain menuntut kesabaran yang tinggi, namun orang yang mampu mendengarkan orang lain adalah orang yang berbahagia dan nantinya ia akan dihargai oleh orang lain.

Jika Anda ingin dihargai suami atau istri, anak-anak, dan orang lain, dengarkanlah mereka, hargailah perbedaan yang ada, dan sedapat mungkin penuhilah kebutuhan mereka. Seorang wanita yang dapat menunjukkan bahwa dia mampu menghargai orang lain tanpa bersikap egois akan dihargai dan dicintai oleh keluarganya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)