Berikut Tips Liburan Hemat Saat Tahun Baru

31 Desember 2018 Artikel Pendidikan


Liburan akhir tahun selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu dan disambut antusias oleh masyarakat Indonesia, tidak heran jika berbagai paket wisata, tiket pesawat dan kereta juga hotel maupun penginapan kebanjiran orderan saat libur akhir tahun tiba. Liburan akan lebih menyenangkan lagi jika bersama keluarga tercinta. Bersama keluarga, liburan akan lebih terasa menyenangkan dan menambah kehangatan di dalam keluarga. Yang menjadi perhatian adalah tujuan wisata dan dana yang akan digunakan. Tujuan harus aman untuk anak Anda dan dana juga harus diperhatikan. Tujuan berwisata beraneka ragam jika menilik dari dana yang akan digunakan, Anda bisa memilih tujuan wisata yang dekat atau sederhana saja. Dana tidak boleh melebihi dari anggaran yang disediakan.

Berikut ini beberapa tips liburan hemat bersama keluarga:
1. Pergi ke museum
Bagi Anda yang menyukai historis atau nilai sejarah dari suatu benda, tidak ada salahnya Anda untuk liburan dengan pergi ke museum. Seiring berjalannya waktu, kini tampilan dari museum pun sedikit diubah dengan tidak identik terhadap hal-hal yang serius. Di museum sudah disediakan sesuatu yang menarik perhatian terutama anak-anak. Sehingga, ketika Anda berkunjung ke museum dengan anak Anda, rasa bosan pun akan sedikit berkurang dan liburan pun akan menjadi lebih menarik lagi. Selain itu, Anda juga bisa memperkenalkan nilai sejarah pada anak Anda.

2. Liburan ke rumah saudara
Berwisata atau berlibur memang tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Anda bisa menjadikan kunjungan ke rumah kerabat dekat. Dengan berkunjung ke tempat yang jarang dikunjungi, akan lebih menambah kesan pada liburan Anda. Selain berkunjung ke rumah saudara, Anda juga dapat berlibur di daerah wisata terdekat di rumah Saudara Anda. Nilai yang akan didapatkan pun menjadi ganda yakni kesenangan dan terjalinnya hubungan yang lebih dekat dengan saudara.

3. Pilihlah wisata sesuai dengan kesenangan Anda
Untuk liburan hemat bersama anak tidak perlu pergi jauh melintasi batas, namun Anda bisa pergi ke arena atau wahana terdekat. Wahana bisa meliputi kolam renang untuk anak Anda. Disana Anda bisa berenang dan bermain air bersama anak Anda. Dengan mencari wahana terdekat, Anda bisa menghemat anggaran wisata Anda, tetapi disisi lain Anda juga mendapatkan kebahagiaan libur bersama dengan anak Anda.

4. Pergilah ke daerah perkebunan
Selain wahana kolam renang atau lainnya, tempat yang lain yang bisa menjadi pilihan adalah perkebunan. Ada berbagai jenis perkebunan yang disediakan seperti perkebunan buah, teh bahkan sayuran. Dengan harga murah, Anda bisa menikmati kesejukan udara yang ada di area perkebunan dan juga dapat bermain dengan anak Anda. Dana hemat, tetapi Anda masih bisa menikmati wisata bersama keluarga. Untuk menambah keakraban liburan bersama keluarga, Anda dapat membawa bekal dari rumah dan makan bersama disana.

Yang terpenting adalah Anda harus menentukan tujuan wisata yang akan dituju, transportasi yang akan digunakan, jumlah orang yang akan ikut liburan, jumlah uang yang akan digunakan dan juga jangan lupa untuk mempertimbangkan waktu yang tepat untuk berlibur bersama.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)