Berikut Cara Membantu Anak dalam Mengembangkan Rasa Hormat

10 September 2014 Artikel Pendidikan


Menanamkan rasa hormat bagi orang lain adalah bagian penting dari proses pendidikan anak. Ada banyak aspek dan hal-hal yang perlu diajarkan dalam membesarkan anak dan salah satu dari aspek ini adalah mengajarkan anak rasa hormat. Saling menghormati merupakan salah satu kunci hidup harmonis antar sesama. Mengajarkan hal ini pada anak bukanlah hal mudah. Jangan sampai anak memaknai kata "hormat" sebagai sesuatu yang menakutkan atau hanya berlaku jika berhadapan dengan orang yang lebih tua.

Berikut beberapa strategi untuk membantu anak-anak mengembangkan rasa hormat yang lebih besar terhadap orang lain.

Buat Aturan

Ada tiga kata kunci yang harus diucapkan anak dalam pelajaran menghormati orang lain ini. Yaitu, meminta "minta maaf" segera setelah melakukan kesalahan, mengucapkan "terima kasih" meski itu untuk sebuah pertolongan kecil, dan "tolong" ketika meminta bantuan kepada orang lain. Aturan lainnya seperti tidak berkata kasar, mendengarkan dengan seksama lawan bicara (tidak sambil membaca buku main games, atau menonton televisi), tidak menyela saat orang lain sedang bicara, mengucapkan salam saat bertemu/berpisah.

Jika aturan dilanggar:

- Ajak anak diskusi. Misalnya anak berkata sarkastik, minta ia memikirkan cara-cara yang lebih terhormat untuk mengkomunikasikan pikiran atau perasaannya.

- Dorong empati. Ajak anak membayangkan jika ia yang mendapatkan perlakuan tidak hormat dari orang lain.

Jadilah Contoh

Anak-anak merupakan peniru ulung. Mereka bisa dengan cepat meniru sikap dan perilaku Anda. Jika Anda ingin memberikannya contoh bagaimana menghormati sesama, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan selalu bersikap dan berbicara kepada anak dan orang lain dengan cara hormat. Misalnya ketika anak ingin mendiskusikan perasaannya (curhat). Cobalah mendengarkan dengan penuh perhatian.

Amati Perilaku Anak

Apakah ia sudah melakukan hal yang benar sesuai dengan yang Anda ajarkan. Jangan sampai ia berpikir bahwa hal ini hanya bersifat sementara. Katakan dengan tegas kalau itu berlaku seumur hidup.

Tips

- Jadilah konsisten ketika mengajar anak-anak berperilaku hormat.

- Beberapa anak mungkin butuh lebih banyak waktu untuk belajar bagaimana berperilaku hormat.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)