Berikut 9 Hal yang Paling Diinginkan Remaja

15 April 2014 Artikel Pendidikan


Pada masa pertumbuhan anak yang beranjak dewasa terjadi pertumbuhan yang cepat, munculnya ciri-ciri, seperti tumbuhnya bulu-bulu disekitar kelamin, ketiak, pada anak lelaki tumbuh kumis, cambang, jenggot dan bulu dada, suara yang membesar, pada wanita buah dada dan pinggul yang membesar. Perkembangan organ-organ seksual terjadi untuk persiapan menghasilkan keturunan. Pada masa ini juga terjadi perubahan psikis atau mental emosional.

Masa remaja adalah masa yang paling meninggalkan kesan bagi seseorang. Ada banyak hal yang diinginkan seseorang ketika menginjak usia remaja. Mimpi, bercita-cita atau sekedar menginginkan adalah hal yang biasa bagi seorang anak yang baru memasuki usia remaja.

Berikut 9 hal yang paling diingini remaja. Sepuluh hal ini merupakan gabungan dari fantasi, cinta, obsesi dan ketertarikan.

1. Suka bergaya di depan kamera.

Generasi muda sekarang adalah generasi yang dibesarkan dalam era digital. Mereka adalah generasi selfie, jadi jangan heran jika mereka mengabadikan setiap aktifitas dan keberadaan mereka dan lingkungan di sekitar mereka. Itu sebabnya mereka lebih suka nongkrong dan jalan-jalan bersama kawan-kawannya ketimbang duduk manis di rumah.

2. Mencoba

Rokok atau alkohol sering menjadi hal menarik bagi mereka yang baru memasuki usia akil baligh. Mereka suka mencoba tapi tak semua orang tua mengijinkan. Itu yang kemudian memicu perlawanan.

3. Tertarik pada lawan jenis.

Remaja suka jika diperhatikan dan mulai tertarik pada lawan jenis. Di diri mereka juga mulai timbul keinginan untuk menjalin hubungan, mencoba berciuman atau bahkan ingin melakukan hubungan seks. Di sini pentingnya peran orang tua, untuk menjadi teman ngobrol agar mereka tak salah jalan.

4. Binatang piaraan.

Jangan heran jika anak Anda yang baru menginjak remaja bersikeras memiliki binatang piaraan, bisa itu berupa kucing, anjing, burung atau malah ular. Bagi mereka binatang piaraan bukan sekedar teman tapi kadang juga merupakan cermin ego.

5. Ingin tahu.

Masa remaja adalah masa yang sangat dinamis, rasa ingin tahu mereka sedang mencapai puncaknya. Anda harus sabar menjawab semua pertanyaan mereka, mulai perubahan dalam tubuh mereka, masalah seksual atau hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan sekitarnya.

6. Bintang/tokoh favorit

Setiap remaja ingin memiliki tokoh idola, yang menjadi panutannya. Bisa jadi dia seorang Miley Cirus, Justin Bieber atau Afgan. Yang perlu dilakukan sebagai orang tua adalah mengarahkannya agar tak meniru semua dari tokoh idolanya. apalagi jika itu hal-hal negatif.

7. Suka mengekplorasi

Memasuki usia belasan anak-anak akan makin sering melawan perintah, apalagi jika Anda terlalu membatasi. Di usia ini, mereka menuntut lebih banyak kebebasan untuk mengeksplorasi diri mereka sendiri

8. Berteman.

Teman adalah elemen penting bagi kehidupan seorang remaja. Di sini dibutuhkan kejelian dari orang tua, karena memilih teman yang salah bisa menghancurkan masa depan anak Anda.

9. Bergaya.

Mereka mulai menginginkan sepedanya sendiri. Memasuki masa remaja, seorang anak juga mulai memperhatikan penampilannya. Mereka jadi lebih selektif soal pakaian atau malah mulai merias mukanya. Semua ini adalah cara mereka untuk menunjukkan jati dirinya.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)