Berikut 6 Tips Praktis Ketika Mengajak Si Kecil Liburan

17 Mei 2014 Artikel Pendidikan


Hari libur memang membuat Anda mempunyai banyak waktu luang dari aktifitas keseharian Anda. Anda harus dapat memanfaatkan liburan dengan baik apalagi jika Anda susah mendapat cuti dari kantor. Liburan dapat diisi dengan menghabiskan waktu di rumah atau berlibur bersama keluarga. Jika Anda merencanakan untuk berlibur bersama keluarga dan anak Anda masih kecil, Anda harus memperhatikan beberapa hal.

Berikut beberapa tips untuk Anda ketika bepergian bersama si kecil.

1. Paham tempat tujuan

Anda harus benar-benar tahu ciri tempat tujuan Anda bepergian. Bagaimana kira-kira cuaca di sana. Jadi Anda tahu apa saja yang harus dibawa dan tidak perlu dibawa untuk si kecil.

2. Perhitungkan waktu

Ternyata anak kecil membutuhkan waktu lebih lama daripada orang dewasa. Contohnya saja kalau di toilet. Mereka mengamati orang-orang di sekitarnya dulu, baru mau buang air kecil. Atau ada saja yang membuatnya rewel jika disuruh mandi. Anda harus memperhitungkan waktu dengan baik sehingga perjalanan Anda lancar.

3. Siapkan obat-obatan

Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada si kecil di tempat yang baru ia kunjungi. Siapkan obat-obatan dasar sehingga Anda dapat mengatasi jika tiba-tiba si kecil sakit.

4. Membawa mainan

Anda juga tidak tahu kapan saja saatnya si kecil akan rewel. Bawa saja mainan yang bisa membuatnya tenang. Atau kalau anak Anda suka dengan salah satu aplikasi di ponsel Anda, siapkan ponsel Anda di tempat yang mudah dijangkau. Dengan begitu Anda dapat cepat mengatasi kalau tiba-tiba si kecil rewel.

5. Tissue basah dan popok sekali pakai

Pastikan Anda meletakkan tissue basah dan popok sekali pakai di tempat yang mudah Anda jangkau. Karena tidak mungkin Anda selalu mencari toilet ketika anak Anda ingin buang air besar atau popok sekali pakainya sudah penuh. Jika dua benda ini mudah Anda raih, Anda bisa cepat mengganti popok sekali pakai si kecil sehingga ia nyaman kembali.

6. Memakai jasa angkutan umum

Mungkin Anda akan lebih nyaman jika bepergian menggunakan mobil pribadi atau taksi. Tetapi Ladies, anak Anda akan lebih senang jika bepergian menggunakan bis atau kereta api. Di sana ia dapat melihat banyak orang dan mungkin bertemu anak seusia mereka. Jadi tingkat rewel si kecil dapat berkurang.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)