Berikut 6 Tips Agar Hidup Anda Menjadi Lebih Simple

29 September 2014 Artikel Pendidikan


Dengan menyederhanakan kehidupan, Anda akan meraih kebahagiaan lebih sering dan lebih terasa. Pikiran Anda akan banyak mengalami kebebasan, jauh dari stress dan permasalahan kehidupan serta Anda akan mampu menikmati detik demi detik kehidupan yang Anda lewati.

Menyederhanakan hidup tidaklah sesulit yang dibayangkan, asalkan Anda berkomitmen untuk melakukannya dan membiasakan dalam kehidupan Anda setiap hari sehingga menjadi kebiasaan. Berikut adalah enam tips menjadikan hidupnya lebih simple, dilansir dari Health.com.

1. Bebaskan diri dari kesedihan

Lakukan segala hal untuk membuat hidupmu bahagia. Meskipun Anda baru saja putus dari pacar kemarin, hari ini Anda harus berusaha membebaskan diri dari sedih yang berlarut-larut. Tidak perlu mengkhawatirkan tentang hidup karena sudah ada yang mengaturnya.

2. Jalani hidup sendiri

Alih-alih mengambil pusing gaya hidup seperti apa yang orang lain jalani, Anda harus menjalani hidup yang Anda suka. Tidak peduli jika orang tua memaksa Anda menjadi dokter, namun Anda harus mengikuti kata hati yang mengatakan Anda harus menjadi seorang penulis.

Niat adalah senjata utama dalam kesuksesan hidup. Tak perlu membuang-buang energi untuk mencari tahu atau meminta persetujuan orang lain untuk keputusan-keputusan dalam hidup Anda. Anda harus menjalani hidup Anda sendiri.

3. Luangkan waktu untuk orang-orang, bukan untuk hal-hal

Anda kadang merasa bahwa hidup Anda rumit bukan karena orang lain, melainkan karena hal-hal yang Anda kerjakan. Contoh sederhana, akhir pekan Anda dihabiskan hanya untuk memikirkan potongan rambut apa yang cocok untuk Anda, ikat pinggang model apa yang belum Anda miliki, atau kacamata apa yang cocok untuk acara jalan-jalan besok sore.

Nah, mengelola hal-hal yang sifatnya seperti contoh di atas akan lebih banyak menguras waktu. Mengapa Anda tidak mencoba lebih banyak meluangkan waktu untuk mengundang teman-teman diacara informal di rumah Anda. Atau, Anda dan teman-teman bisa keluar bersama, kumpul-kumpul, dan membicarakan berbagai hal yang menghibur hati. Maka, hidup Anda akan menjadi lebih simpel.

4. Sederhanakan persahabatan

Dalam hidup, Anda tak perlu memaksa harus berteman dekat dengan orang-orang yang tidak memiliki kesamaan visi dan prinsip dengan Anda. Yang namanya sahabat adalah orang yang benar-benar klik dengan Anda. Itulah bedanya sahabat dengan teman.

5. Menjadi bintang kehidupanmu sendiri

Ya, lakukanlah lebih banyak pekerjaan penting ketimbang yang tidak penting. Roda kehidupan terus berputar dan Anda harus menjadi bintang untuk kehidupan Anda sendiri.

6. Jaga diri terlebih dahulu

Anda tidak mungkin bisa menjaga anak-anak Anda jika Anda tak bisa menjaga diri Anda sendiri. Misalnya, anak akan sakit ketika ibunya sakit. Seseorang harus menyadari keterbatasan dan kelebihannya sendiri.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)