Berikut 3 Tips untuk Menjadi Partner Kerja yang Baik

1 April 2014 Artikel Pendidikan


Bekerja secara professional merupakan salah satu hal yang sangat penting, begitu halnya juga dengan menjalin suatu hubungan baik dengan rekan kerja. Ada saatnya jika Anda mengetahui bagaimana cara pandang rekan kerja terhadap Anda. Jika terasa ada sesuatu yang mengganjal perasaan anda atau mungkin saja terdapat sesuatu hal yang salah.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia ini berisi berjuta macam karakter manusia yang berbeda-beda. Ada yang menyenangkan, menjengkelkan, pribadi yang hangat, pendendam, lembut dan masih banyak lagi. Begitu juga yang terjadi di dunia kerja. Tidak semua orang memiliki karakter yang sama. Anda harus bisa paling tidak mengerti mereka dan menjalin hubungan yang baik walaupun sebenarnya Anda tidak begitu suka dengan karakter mereka. Berikut ini ada beberapa tips untuk menjadi partner kerja yang baik.

1. Pendengar yang Baik

Cobalah menjadi pendengar yang baik bagi rekan kerja. Luangkan waktu bagi mereka untuk mengungkapkan pikiran dan juga pendapatnya. Menjadi pembicara yang baik diawali dengan menjadi pendengar yang baik terlebih dahulu. Jika ingin didengar orang lain maka kita harus menjadi pendengar yang baik bagi partner kita.

2. Peduli

Rasa kepedulian terhadap rekan kerja akan memberikan kebahagiaan. Rasa peduli ini berbeda dengan empati atau simpati. Peduli lebih cenderung pada bukti konkret yang Anda lakukan pada rekan kerja. Seringlah aktif untuk bertanya apa yang kira-kira dibutuhkan oleh mereka dan bantulah mereka. Kepedulian akan menjadi awal dari kerja sama yang baik.

3. Empati

Empati ialah memposisikan diri sebagai orang lain, mencoba membayangkan saat Anda berada pada posisi orang tersebut. Hal ini akan sangat membantu Anda menjadi partner kerja yang baik. Dengan memiliki empati yang tinggi pada orang sekitar maka toleransi yang timbul akan semakin besar. Bayangkan saja jika di tempat kerja Anda tidak ada toleransi, yang ada hanyalah sikap saling menjatuhkan dan cuek. Pekerjaan akan terasa semakin menyiksa Anda.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)