Berikut 3 Tips Efektif Menghadapi Kritik

11 Juli 2014 Artikel Pendidikan


Apakah Anda pernah dikritik? Atau Anda adalah seseorang yang sering melontarkan kritikan? Sebenarnya apa itu kritik? Kritik adalah ungkapan atas ketidaksetujuan sebuah pendapat atau tindakan yang menimbulkan suatu penilaian. Biasa nya sebuah kritikan lebih cenderung mengarah ke sisi negatif. Namun ada juga memang kritik yang membangun. Nah, agar kritik tak selalu berdampak buruk, Anda harus mengganti persepsi bahwa yang dikatakan orang terhadap Anda bukanlah semata-mata kesalahan yang sudah Anda perbuat. Untuk itu, ketahui pula tips menghindari ketakutan saat dikritik:

Jaga Mood Supaya Tetap Baik

Apapun kritikan yang Anda terima meskipun sangatlah kejam, tertawa sajalah atas apa yang sudah Anda lakukan. Saat Anda menyadari tak bisa tertawa saat menonton film komedi, segeralah ambil sepatu olahraga Anda dan berjalan-jalanlah sebentar di sekeliling rumah untuk menghirup udara segar. Atau, hubungi teman Anda yang memang memiliki selara humor yang baik agar hari Anda kembali terisi dengan keceriaan.

Siapkan Diri Anda

Persiapan ini ibarat Anda harus menggunakan sepatu bot khusus ketika harus mendaki gunung. Bila tak ada jalan pintas untuk sampai ke puncak, tak masalah bukan? Anda akan semakin tangguh menghadapi ancaman di depan Anda, termasuk kritikan jenis apa pun.

No Body Perfect, Termasuk Anda.

Menerima kesalahan yang dilakukan orang lain adalah hal normal, demikian pula bila Anda yang melakukan kesalahan. Sangat mudah memperbaiki kesalahan dan fokuslah pada solusi, bukan saling menyalahkan. Kuatkan hati, dengan semakin terbuka terhadap kritikan, hidup Anda akan semakin berkembang ke arah yang baik.

Namun apapun yang Anda lakukan, beberapa orang memiliki kebutuhan untuk mengkritik. Apapun yang anda kerjakan, akan selalu ada orang-orang yang tidak menyukai hal-hal yang anda kerjakan, dan hal itu merupakan sesuatu yang wajar. Jadi, tetap lah bersikap positif dalam menghadapi suatu kritikan. Dengan adanya kritikan, tentunya Anda akan mempunyai pelajaran baru dari apa yang harus Anda perbaiki dalam kehidupan pribadi Anda.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)