Berhenti Mengutuk Diri Sendiri Kalau Ingin Sukses

7 November 2019 Artikel Pendidikan


Setiap manusia pasti pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya, kegagalan ini bila disikapi dengan baik dapat menjadi motivasi untuk berubah dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Namun sayangnya, banyak sekali di antara kita yang senang mengutuk diri sendiri karena kesalahan atau kegagalan yang kita lakukan. Secara psikologis ternyata hal ini bisa berdampak pada kehidupan Anda selanjutnya. Untuk itu hindari kalimat-kalimat yang sering Anda gunakan untuk menyalahkan kegagalan yang Anda lakukan. Kalimat apa sajakah itu?

Berikut beberapa kalimat yang harus Anda hindari:
1. Saya tidak bisa mengalahkan rasa takut

Rasa takut berlebih biasanya muncul dari ekspektasi diri sendiri dan orang lain yang terlalu tinggi, sehingga orang tersebut merasa kurang percaya diri dan takut gagal. Ketakutan adalah sesuatu yang membunuh impian Anda sehingga jangan biarkan rasa takut tersebut menang dalam hidup Anda. Jangan takut mencoba, kita tidak akan pernah tahu hasilnya sebelum mencoba.

2. Apa yang dikatakan orang lain adalah benar
Selalu ada orang-orang yang menghalangi langkah kita melebihi langkahnya. Orang-orang ini menunjukkan 100 alasan mengapa Anda tidak akan pernah berhasil. Secara psikologis orang-orang ini berupaya untuk menjatuhkan mental Anda.

3.Saya tidak terlihat baik
Kalimat ini biasanya sering diucapkan ketika merasa kurang percaya diri terhadap penampilan diri sendiri. Terlebih lagi ketika orang yang dicintai lebih memilih orang lain yang memiliki penampilan yang lebih baik. Oleh karena itu, jangan mendengarkan perkataan orang yang hanya akan menurunkan semangat Anda. Percayalah di luar sana ada banyak orang yang mendambakan penampilan Anda.

4. Ini tidak akan berhasil
Melihat orang-orang terdekat berhasil lebih sukses dibandingkan kita merupakan sebuah tekanan tersendiri. Gagal setelah mencoba beberapa kali membuat diri menjadi pesimis dan mengutuk diri sendiri dengan kalimat ini. Itu hanyalah perasaan yang harus diganti dengan pola pikir yang baru.

5. Tidak ada yang mengerti saya
Seberapa pun beratnya masalah Anda, namun ketahuilah bahwa di luar sana ada orang yang memiliki masalah yang sama atau bahkan lebih parah dari Anda. Di situasi seperti ini akan terasa sulit bagi kita untuk membuka diri dan berkomunikasi. Ceritakanlah masalah Anda kepada keluarga, atau sahabat Anda untuk membantu Anda melaluinya.

Semoga bermanfaat...

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)