Bereksplorasi dengan Alam? Siapa Takut!

31 Juli 2014 Artikel Pendidikan


Anak adalah suatu anugerah terindah yang diberikan Tuhan. Lebih berharga dari segala materi apapun di dunia ini. Sebagai orang tua senang rasanya melihat tumbuh kembang ketika anak dari mulai lahir hingga belajar duduk, berjalan dan berlari. Sebagai orang tua tentu Anda ingin memberikan yang terbaik buat anak-anak Anda.

Anak-anak ketika memasuki usia tumbuh kembang aktif, biasanya akan sangat tertarik dengan dunia luarnya. Bereksplorasi dan bereksperimen dengan alam atau lingkungan sekitar merupakan kegiatan baru yang akan sangat menyita perhatiannya. Namanya juga anak-anak, mereka tak akan segan untuk berkotor-kotor bermain dengan tanah dan lumpur untuk mendapatkan sesuatu yang baru. Haruskah Anda melarangnya? Tentu jangan! Hal ini justru baik untuk perkembangannya.

Kebiasaan baru anak ini jika dipandang dari sisi positif, tentu akan sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Pasalnya melaui kegiatan ini anak akan mengenal banyak hal dan pengalaman baru yang tidak akan pernah ia dapatkan di dalam rumah. Selain itu kegiatan ini juga akan sekaligus melatih kreatifitasnya. Memberikan ruang pada anak untuk bereksplorasi juga sangat dianjurkan untuk merangsang kecerdasan otak anak.

Bermain dan bereksplorasi di alam juga merupakan suatu bentuk pendidikan yang tidak membosankan bagi anak. Sebagai orang tua tugas Anda adalah mendampingi dan membimbing anak agar ia dapat menemukan sesuatu yang bermanfaat. Ajak ia untuk mengenal berbagai jenis tanaman dan binatang yang ada disekitarnya. Misalnya mengenalkan ia dengan kupu-kupu, semut, burung, dan sebagainya. Hal seperti ini tentu akan sangat mengasikkan bagi anak.

Nah apakah Anda masih ragu untuk mengajak anak bermain di alam?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)