Berbagai Macam Tipe Ayah dan Sifatnya, Termasuk Ayah Seperti Apakah Anda?

12 Agustus 2019 Artikel Pendidikan


Seperti Anda ketahui, ayah merupakan sosok pemimpin bagi para keluarganya. Bahkan sering digambarkan sebagai nahkoda yang mengarahkan kemana kapal akan berlayar. Maka dari itu, menjadi seorang ayah merupakan tugas yang tidak mudah karena tanggung jawab yang begitu besar terhadap anggota keluarganya.

Masing-masing ayah tentunya memiliki individu yang berbeda-beda. Ada tipe ayah yang asik dengan anaknya, ada pula yang cuek dan tidak terlalu dekat dengan si kecil. Dikutip dari theasianparent.com, berikut merupakan tipe-tipe ayah dan berbagai macam sifatnya. Tipe ayah seperti apakah Anda?

Tipe Ayah Tak Acuh

Tak sedikit tipe ayah yang seperti ini. Tipe ayah yang bersikap acuh tak acuh biasanya lebih memfokuskan kepada urusan pekerjaan saja. Mereka hanya berinteraksi dengan keluarga pada waktu yang sesuai dengan jadwal atau mood mereka. Jika tidak ada waktu atau sibuk, mereka cenderung tak acuh dan tidak peduli.

Tipe Ayah Protektif

Biasanya tipe ayah yang satu ini sangat peduli sekali akan apa yang terjadi terhadap anaknya dan lebih sering terhadap anak perempuannya. Misalnya saja ketika si anak ingin bermain hujan-hujanan, namun si ayah menentang keras dan tidak membiarkan anaknya sakit.

Tipe Ayah Baru

Nah, tipe ayah seperti ini nih yang harus diperhatikan. Bagi Anda yang menjadi seorang ayah baru, tentunya belum mempunyai pengalaman dalam mengurus dan menghadapi ulah anak. Tipe ini seringkali kikuk dan bingung. Akan tetapi, kebanyakan dari ayah baru biasanya mereka cepat belajar dan menikmati segala sesuatu yang baru sebelum akhirnya mereka berpengalaman dan lebih dewasa menyikapi segala hal.

Tipe Ayah Hi-Tech

Sudah bisa Anda tebak, tipe ayah seperti ini terbilang sangat up to date dalam hal gadget dan peralatan elektronik lainnya. Tipe ayah ini juga senang melengkapi rumahnya dengan peralatan elektronik terbaru. Dan jangan heran jika ayah "Hi-Tech" juga bisa menjadi teknisi saat komputer anak atau peralatan elektronik di rumah rusak.

Tipe Ayah Penurut

Tipe ayah yang seperti memiliki prinsip daripada bertengkar dan berbeda pendapat, lebih baik mengalah. Ayah seperti ini juga cenderung memutuskan segala sesuatunya tergantung kepada istri atau ibu. Tidak jarang tipe Ayah Penurut seringkali berbicara "Tanya dulu kepada Ibu," atau "Nanti jika Ibu tidak mau bagaimana...," dan tipe ayah penurut sangat patuh pada aturan istri selaku ibu rumah tangga.

Tipe Ayah Idealis

Tipe ayah ini biasanya mendambakan anak-anaknya sempurna di segala bidang, misalnya akademis maupun kegiatan ekstra kurikuler.

Bahkan si ayah selalu rajin memotivasi anak-anak, dan tidak jarang pula membandingkan prestasi orang lain.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)