Berbagai Macam Manfaat dari Menggendong Si Buah Hati

29 Oktober 2019 Artikel Pendidikan


Menggendong merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh bunda untuk menenangkan si kecil. Bahkan menurut sebuah penelitian seorang bayi akan sangat senang ketika digendong. Ketika menggendong anak, kita menstimulasikan tekanan yang ternyata membuat tubuhnya rileks dan tenang. Dengan menggendong anak yang baik, kita juga bisa membantu perkembangan tubuh atau perkembangan fisiknya.

Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan menggendong bayi. Bayi akan merasa nyaman, aman merasa terlindungi dan disayangi. Mungkin Anda sering perhatikan jika si anak menangis, lalu digendong maka seketika ia menghentikan tangisannya. Hal ini juga menjadi kesempatan emas bagi Anda untuk berkomunikasi dengan si kecil ketika ia digendong. Tak heran jika menggendong bayi akan menstimulasi berbagai aspek kecerdasan bayi dan mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Bayi yang biasa digendong akan mendukung kesuksesan pemberian ASI eksklusif. Selain memang berdekatan, hubungan ibu dan bayi juga semakin dekat. Demikian pula dengan rasa sayang dan perhatian, hal ini akan membuat ibu semakin keras berusaha memberikan yang terbaik buat bayinya yakni ASI eksklusif.

Dalam menggendong bayi, beberapa hal harus diperhatikan seperti apakah tali atau kain pengikatnya terlalu erat bagi bayi, ataukah posisi kepala bayi lebih rendah dan lain sebagainya. Hal tersebut juga akan mempengaruhi fisik bayi.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)