Beragam Tipe Tetangga Menyebalkan dan Cara Mengatasinya

28 Maret 2015 Artikel Pendidikan


Manusia adalah mahluk sosial. Ini menekankan bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan manusia lain. Menjalin komunikasi, beraktifitas dan melakukan pekerjaan pastinya akan sangat dibutuhkan kerjasama.

Jika Anda tinggal dalam suatu lingkungan pasti ada yang namanya sosok tetangga. Tetangga merupakan kerabat terdekat yang dapat kita hubungi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Tak heran jika setiap agama pastinya menganjurkan kepada kita untuk berbuat baik kepada tetangga.

Tidak selalu berbuah manis, terkadang tetangga juga merupakan sosok yang tidak diinginkan kehadirannya karena membawa dampak negatif terhadap Anda.

Lalu, bagaimana menghadapi tetangga yang usil dan menyebalkan?

Berikut tipe-tipe tetangga usil dan menyebalkan dan cara menyikapinya:

Tetangga ribut

Kasus:

Tidur siang merupakan kesenangan Anda khususnya di waktu libur. Namun bagaimana jika dikacaukan dengan suara tetangga yang tertawa dengan keras sambil menyanyi lagu dangdut kesayangannya.

Tips:

Sebaiknya Anda memasang earphone untuk meredam kebisingan. Supaya tetangga tidak marah akibat perilakunya yang mengganggu Anda.

Tetangga menyindir dengan halus

Kasus:

"eh ibu ini baru keliatan nih, mau kemana? Mau diantar gak?"

Padahal tujuan Anda hanyalah ke warung dekat rumah. Tetangga yang seperti itu bisa bikin Anda jengkel karena menyindir Anda yang jarang keluar rumah keliling kampung.

Tips:

Berikan senyuman, dengan begitu ia akan senang dengan sindirannya. Hal itu lebih baik ketimbang membalasnya dengan perkataan.

Tetangga suka ngegosip

Kasus:

Misalnya Anda diantar pulang oleh teman kampus larut malam, esok paginya kamu sudah menjadi headline news se kampung yang menggosipi Anda yang tidak baik.

Tips:

Berikan penjelasan bahwa Anda tidak seperti yang mereka bayangkan. Ambil sisi positifnya kalau mereka itu mempedulikan Anda.

Tetangga yang celamitan

Kasus:

Boleh nih baksonya, enak banget sih kalo di bagi.. sambil tertawa. Padahal Anda hanya membawa satu bungkus bakso dan lagi keadaan lapar.

Tips:

Anggap saja ia sedang basa basi, dan mengalihkan pembicaraan seraya masuk ke dalam rumah. Karena tetangga yang seperti ini celamitan dan apabila dikasih sesuatu akan menjadi kebiasaan.

Seberapa menyebalkannya tetangga, pastinya Anda harus menjaga kerukunan tetangga dan bersikap baik sehingga terciptanya lingkungan yang nyaman dan tenang.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)