Benarkah Musik Bisa Tingkatkan Prestasi Akademik Anak?

25 Agustus 2019 Artikel Pendidikan


Didalam mengasuh dan mendidik anak diperlukan keseimbangan agar hasilnya tidak timpang. Keseimbangan di sini mengacu pada aspek pemenuhan fisik anak dan kecerdasan serta emosi anak. Ketiga aspek ini sangat penting sehingga perlu diperhatikan sejak anak Anda lahir hingga beranjak dewasa nanti. Nah, agar kecerdasan dan emosinya dapat berkembang seimbang dengan fisiknya, orang tua wajib memberi anak Anda perhatian, pembelajaran, pengajaran, dan nutrisi yang tepat. Selain aspek nutrisi, pengajaran, pembelajaran, dan perhatian, ada hal lainnya yang dapat membantu optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan, yaitu musik.

Melalui musik, seorang anak dapat memainkan, memahami, mendengar, menciptakan, dan membayangkan apa yang ada di pikirannya. Dengan musik juga, seorang anak dapat mengekspresikan isi hati sehingga ia dapat berinteraksi dengan anak-anak seusianya. Seorang professor yang bernama Laurel Trainor mengatakan bahwa anak-anak yang secara aktif mengikuti les musik mempunyai daya ingat yang sangat baik.

Berikut beberapa manfaat musik bagi anak-anak:
1. Musik menjadikan anak pintar dan cerdas
2. Musik mampu melatih anak menjadi lebih fokus dan berkonsentrasi
3. Musik dapat meningkatkan musikalitas anak
4. Musik dapat meningkatkan kemampuan koordinasi anak
5. Musik adalah terapi relaksasi yang sangat efektif bagi anak-anak
6. Musik mampu meningkatkan rasa percaya diri pada anak

Bagaimana, cukup banyak bukan manfaatnya? Bagi Anda yang saat ini memiliki anak, tidak perlu ragu lagi untuk mengenalkan musik pada si kecil sejak dini.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)