Belajar Membaca Sambil Bernyanyi

26 Desember 2016 Artikel Pendidikan   |    Kak Zepe


Setiap orangtua pasti akan merasa bangga bila memiliki anak yang cerdas. Anak yang cerdas biasanya memiliki kemampuan di atas anak-anak normal. Salah satu kemampuan yang menjadi tolak ukur orang tua untuk menilai anak cerdas atau tidak adalah dengan melihat dari kemampuan membaca. Banyak orang tua berpikir bahwa anak yang ceras memiliki kemampuan membaca yang baik bila dibandingkan dengan anak-anak lainnya. Oleh karenanya banyak orang tua yang ingin anaknya cepat bisa membaca. Banyak cara digunakan oleh orang tua untuk mengajari anak membaca. Melalui artikel ini, Kak Zepe akan mengulas tentang metode membaca yang banyak digemari oleh anak-anak, yaitu dengan cara bernyanyi.

Bernyanyi adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi anak. Saat bernyanyi anak-anak terlihat ceria. Tidak hanya keceriaan yang didapatkan saat anak-anak bernyanyi. Saat bernyanyi anak-anak juga akan mendapatkan ilmu dari lirik lagu yang mereka nyanyikan. Dalam keadaan nyaman dan ceria, anak-anak akan lebih banyak menyerap ilmu dan pengetahuan dari apa yang mereka lakukan. Dengan kata lain, mereka akan banyak belajar tanpa merasa belajar.

Menambah kosa kata

Sebelum tau cara membacanya, anak-anak perlu tahu huruf-huruf yang menyusun sebuah kata. Saat anak-anak menyanyikan lagu, sebaiknya kita tuliskan lirik lagunya di papan tulis, atau kita bisa memutar lagu anak versi karaoke. Karena di dalam versi karaoke, anak-anak bisa belajar membaca sambil bernyanyi, dengan cara membaca lirik lagu yang tertulis di layar TV.

Perlunya pengulangan saat bernyanyi

Saat mengajak anak-anak menyanyikan lagu anak, biasanya anak-anak akan mengajak kita untuk menyanyikannya tidak hanya sekali. Saat itulah anak-anak akan semakin mencerna lirik atau kata-kata yang ada di dalam lagu. Dengan mengulang sebuah lagu yang dinyanyikan, kata-kata di dalam lirik lagu pun akan semakin terserap di dalam memori anak, sehingga akan mudah diingat dalam jangka waktu yang lama.

Pentingnya lagu yang modifikati

Salah sato contoh lagu anak karya Kak Zepe yang biasa digunakan sebagai metode belajar membaca sambil bernyanyi adalah "Saya Bisa Baca". Lirik lagu "Saya Bisa Baca" adalah sebagai berikut:

SA tambah YA ... SA-YA, BI tambah SA... BI-SA, BA tambah CA.... BA-CA

SAYA BISA BACA

Lagu yang modifikatif adalah lagu yang bisa dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa diubah liriknya tanpa mengubah nada lagu, sehingga mampu memperkaya manfaat yang ada di dalam sebuah lagu. Lagu "Saya Bisa Baca" bisa dimodifikasi menjadi lagu seperti di bawah ini:

KA tambah MU ... KA-MU, SU tambah KA... SU-KA, RO tambah TI.... RO-TI

KAMU SUKA ROTI

Dengan memodifikasi kata-kata di dalam lagu "SAYA BISA BACA" anak-anak akan bisa belajar tentang cara membaca sebuah suku kata yang bervariasi.

Perlunya alat peraga

Alat peraga sebagai instrumen pengenalan huruf, suku kata, dan kata sangat diperlukan dalam metode membaca sambil bernyanyi. Misalnya di dalam lagu "Saya Bisa Baca", pendidik bisa menyiapkan alat peraga berupa gambar huruf-huruf atau suku kata, misalnya suku kata "SA", "YA", "BI", "SA", "BA", dan "CA". Saat mengajak anak-anak menyanyikan lagu "Saya Bisa Baca", kita bisa menunjukkan gambar-gamabr suku kata di atas, sehingga saat anak-anak bernyanyi, anak-anak akan belajar mengenal bunyi suku kata dan bentuk-bentuk huruf yang menyusunnya, sehingga anak-anak akan lebih mudah menghafalkannya.

Agar pendidik bisa mengajar membaca sambil bernyanyi dengan lagu anak, maka perbendaharaan lagu kita perlu diperbanyak. Semakin banyak lagu yang bisa divariasikan, maka akan semakin banyak pula kesempatan kita dalam mengajar anak-anak usia dini. Saya, Kak Zepe, secara khusus menciptakan lagu di atas dan lagu lainnya, agar anak-anak bisa belajar membaca dengan hati yang ceria. Para pendidik pun akan semakin tenang dalam mengajar membaca, karena mereka bisa mengajar membaca dengan cara bernyanyi.

(Penulis adalah Praktisi Pendidikan dan Pencipta Lagu Anak dalam aplikasi gratis" Lagu Anak Kak Zepe Vol 1 dan 2)