Belajar Mandiri, Alasan Mahasiswa Harus Berbisnis

9 Januari 2017 Artikel Pendidikan


Masa kuliah memang menjadi masa-masa yang menyenangkan. Selain belajar, kita juga dapat memperluas pengetahuan, pengalaman dan mengasah kemampuan agar nantinya bisa menjadi sarjana yang berkompeten. Selain itu, Anda bisa juga belajar berbisnis. Mengapa mahasiswa harus berbisnis? Ternyata banyak alasan mengapa mahasiswa harus berbisnis. Apa saja itu?

Belajar Mandiri

Alasan mengapa mahasiswa harus berbisnis adalah untuk belajar melatih kemandirian. Bahkan nantinya setelah lulus, sikap kemandirian sangat diperlukan di dunia kerja. Anda bisa melihat bagaimana mahasiswa yang berbisnis jauh lebih mandiri. Entah itu dalam menjalankan bisnisnya, maupun saat menempuh studinya. Mental kemandirian bisa diasah lewat berbisnis. Asalkan bisa membagi waktu dengan baik, Anda bisa menjadi mahasiswa yang sukses dalam studi dan bisnis secara bersamaan.

Mendapatkan Pengalaman

Pengalaman tidak didapat ketika Anda tidak mau mengaplikasikan ilmu dan berani melakukan hal-hal baru. Dengan berbisnis, Anda akan mendapatkan pengalaman baik itu dengan cara mendapatkan uang maupun melayani pelanggan. Anda juga akan merasa haus ilmu dan mau terus belajar untuk mendapatkan pengalaman sekaligus pengetahuan dalam bisnis.

Menambah Penghasilan

Tidak bisa dipungkiri, efek dari menjalankan bisnis adalah Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan. Tentu saja ini bisa dimanfaatkan untuk membayar uang kuliah, biaya sehari-hari, tanpa meminta lagi kepada orang tua. Bahkan Anda sudah bisa menjadi mahasiswa berpenghasilan sebelum lulus kuliah.

Memperluas Jaringan

Nah, hal yang menguntungkan berikutnya dari berbisnis sejak kuliah adalah dapat memperluas jaringan atau koneksi dengan orang-orang di sekitar bahkan yang jauh sekalipun. Ini sangat penting, karena nantinya Anda tidak akan bingung setelah lulus kuliah saat belum mendapatkan pekerjaan. Bisa jadi Anda mendapat tawaran pekerjaan dari pelanggan atau justru Anda bisa bekerja sama dengan mereka.

Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Terakhir, setelah lulus kuliah, Anda bisa menciptakan lapangan pekerjaan dari bisnis yang Anda dirikan. Karena telah merintisnya sejak menjadi mahasiswa, tentu kedepannya akan lebih terbuka kesempatan untuk menggeluti bidang ini.

Nah, itulah alasan mengapa seorang mahasiswa itu harus berbisnis.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)