Belajar Komputer, Aktivitas Menyenangkan bagi Anak

9 Desember 2016 Artikel Pendidikan   |    Kak Zepe


Pengenalan komputer perlu diajarkan kepada anak usia dini. Agar pelajaran komputer menjadi suatu yang menarik, pendidik harus bisa mengemas pelajaran komputer sebagai gabungan antara edukasi dan entertainment.

Media game dan aplikasi game

Saat ini banyak sekali game edukatif yang bisa didapatkan di toko-toko. Anak-anak bisa belajar dari game-game tersebut dengan visualisasi dan efek suara yang menarik. Saat ini banyak pula aplikasi gratis yang bisa didownload melalui Google Playstore. Hal ini akan mengingkatkan kecintaan anak pada komputer.

Mudah dan menyenangkan

Sangat disarankan agar orang tua memilih software yang menyenangkan. Ada beberapa software yang sulit dipelajari oleh anak-anak. Jadikan aktivitas menggunakan software sebagai sesuatu yang fun, bukan sebagai sesuati yang terlalu serius, sehingga software yang dioperasikan memiliki nilai rekreasi bagi anak-anak. Alangkah lebih baik bila orang tua mencoba terlebih dahulu sebelum membelikan software bagi anaknya. Hal ini untuk meyakinkan bahwa software tersebut mudah dipahami atau dioperasikan oleh anak-anak. Selain itu, bila orang tua telah mencobanya maka orang tua akan yakin bahwa di dalam software tersebut tidak ada sesuatu yang tidak baik untuk dikonsumsi anak-anak.

Orang tua perlu menguasai komputer

Bagaimana bisa mengajari anaknya komputer kalau orang tuanya gaptek atau kurang pengetahuan dalam hal teknologi. Tentu saja nanti anak-anak tidak ada yang membimbingnya. Maka sangat disarankan agar orang tua belajar komputer, minimal menguasai software-software yang dikuasai anak. Sehingga bila buah hati Anda menanyakan sesuatu kepada anda perihal software yang dia mainkan, Anda pun bisa menjawabnya dengan baik. Orang tua juga perlu belajar tentang komputer dari berbagai sumber media informasi, misalnya dari internet, koran, majalah, dan lainnya. Hal ini untuk memperkaya pengetahuan orang tua tentang komputer. Anak-anak zaman sekarang cenderung lebih pintar daripada anak-anak dari angkatan zaman kita. Ketrampilan orang tua dalam menguasai komputer juga akan menghindari pengaruh buruk komputer atau internet. Karena bila Anda memiliki kemampuan yang baik dalam komputer, anak-anak pasti akan mampu menggukan kompter secara bijak. Minimal anak akan menghindari konten-konten dewasa karena ia tahu bahwa orang tunya bisa mengecek "history" komputer.

(Penulis adalah Praktisi Pendidikan dan Pencipta Lagu Anak dalam aplikasi gratis" Lagu Anak Kak Zepe Vol 1 dan 2)