Bedakan Antara Bakat dan Minat

8 Agustus 2014 Artikel Pendidikan


Setiap orang memiliki potensi dalam dirinya. Entah itu bernyanyi, menulis, bercerita atau bahkan mendengarkan. Namun terkadang, kita tidak menyadari bahwa kita memiliki potensi serta kelebihan dalam diri kita.

Pasti kita pernah mendengar bakat dan minat. Seseorang mungkin telah berkata pada kita bahwa kita memiliki bakat. Namun diri kita sendiri memiliki minat terhadap sesuatu.

Nah, berikut penjelasan mengenai bakat dan minat.

Menurut Merriam-Webster, minat adalah kecenderungan terhadap sesuatu. Bisa diartikan, minat adalah dorongan kuat dalam diri seseorang untuk melakukan segala sesuatu yang diinginkan. Minat jadi salah satu faktor yang dapat mengarahkan bakat.

Sedangkan bakat adalah anugrah atau talenta yang dimiliki seseorang. Sifat dasar, kepandaian, pembawaan yang muncul sejak lahir. Misalnya bakat menyanyi, bakat kesenian.

Dari pengertian diatas jelas bahwa bakat dan minat memiliki kesinambungan. Lalu bagaimana kita mengetahui apakah yang kita sukai itu merupakan bakat kita? Saat ini sudah banyak sekali tes yang dapat mengidentifikasi bakat dan minat.

Untuk itu, yang perlu kita lakukan hanya melakukan apa yang kita suka dan berani melakukannya. Asahlah apa yang kita lakukan dan sukai.

Tujuan dari mengetahui bakat dan minat tentunya adalah untuk memudahkan kita menjalani hidup ini.

Jadi apa bakat dan minat mu?

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)