Beasiswa di Indonesia Masih Salah Target

1 September 2017 Artikel Pendidikan


Banyak program beasiswa dari pemerintah yang bertujuan untuk mendukung baik itu untuk Siswa yang tidak mampu dan juga untuk siswa yang berprestasi agar mereka bisa lebih bersemangat untuk menimba ilmu dan juga terus bisa bersekolah. Namun pada prakteknya, Beasiswa tersebut masih banyak mengalami kendala dan masih banyak yang salah target, sehingga mengganggu peroses belajar dari beberapa siswa yang memang membutuhkan beasiswa tersebut terutama untuk siswa yang kurang mampu. Mereka harus rela mendapatkan skors dari sekolahnya karena belum melunasi pembayaran buku, padahal pemerintah sudah mengklaim bahwa seluruh biaaya sekolah di hapuskan untuk jenjang SD dan SMP.

Kenyataannya, masih saja ada oknum dari pihak sekolah yang menarik uang untuk membayar sesuatau yang menurutnya dibutuhkan untuk proses belajar dan mengajar. padahal hal itu malah akan mempersulit si siswa. Begitu juga dengan siswa yang mendapatkan prestasi lebih, mereka harus menjalani berbagai proses administrasi untuk bisa mendapatkan bantuan beasiswa dari pemerintah tersebut.

Hal ini merupakan suatu ironi yang terjadi di dunia pendidikan Indonesia, karenanya hal ini membuat perkembangan pendidikan di Indonesia terhambat. Selain salah diatas juga, kurang akuratnya pemerintah untuk menurunkan bantuannya, pemerintah kadang menurunkan bantuan untuk siswa yang saat itu tidak membutuhkan bantuan, namun melupakan siswa yang sangat membutuhkan, bahkan membiarkan siswa tersebut harus rela putus sekolah.

Pemerintah seharusnya bisa meninjau ke lapangan, agar proses penyerbaran beasiswa tersbeut bisa merata dan mencapai target sesuai dengan yang diharapkan. Proses penyebaran beasiswa ini memang membutuhakn pendampingan yang cukup agar tidak keluar dari jalur yang diharpkan dan bisa terus membantu sekian banyak siswa yang membutuhkan juga siswa yang berprestasi.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)