Banyak Cara, Uang Bukan Kendala

20 April 2012 Artikel Pendidikan


Ketika melihat nama Anda masuk menjadi salah satu mahasiswa di sebuah perguruan tinggi, tentu Anda sangat senang, bukan? Setelah itu, hal pertama yang dipikirkan biasanya adalah biaya perkuliahan.

Namun, jika mendapati kendala pada keuangan, Anda sebetulnya tidak perlu khawatir. Berikut ini ada beberapa cara melanjutkan studi ke perguruan tinggi tanpa harus terlalu memikirkan beban pembayaran:

Program pembayaran
Hanya karena Anda tidak memiliki cukup uang untuk membayar semua biaya perkuliahan, bukan berarti Anda tidak dapat membayarnya secara berangsur, bukan? Anda bisa membayar semua biaya secara bertahap dengan melakukan pinjaman. Bahkan, biasanya kampus memiliki program pembayaran angsuran tiap bulan untuk mereka yang mempunyai kendala keuangan. Anda juga bisa tanyakan langsung pada bagian keuangan mahasiswa di kampus tersebut.

Kerja sambil kuliah
Sebagian besar kampus memiliki program kerja sambil kuliah. Program ini segaja dibuat untuk mahasiswa yang memiliki kendala di keuangan dengan cara bekerja di kampus. Biasanya, pekerjaan mereka adalah sebagai asisten dosen atau bekerja di kantin.

Anda tentu bisa menanyakan jenis pekerjaan kepada pihak kampus. Biasanya, uang yang didapat akan langsung dipergunakan untuk biaya kuliah, tidak untuk yang lainnya. Memang, tidak bisa untuk menutupi semua pembayaran, tetapi setidaknya hal ini akan sangat membantu. Apalagi, jika Anda memiliki keahlian tertentu yang berhubungan dengan pekerjaan di kampus, hal ini akan sangat berguna. Anda pun bisa mencari pekerjaan di luar kampus untuk membayar uang kuliah.

Pinjaman cara lainnya
Anda bisa melakukan pinjaman di bank yang menawarkan suku bunga rendah untuk membayar biaya kuliah. Di sini, Anda harus melakukan penelitian yang cermat pada pinjaman tersebut. Ada baiknya, Anda bisa membuat janji dengan konsultan keuangan untuk memahami suku bunga dan pilihan pembayaran.

Bantuan keuangan
Ada beberapa program dari organisasi, baik swasta maupun pemerintah, yang menawarkan bantuan keuangan berdasarkan prestasi akademik. Atau, bisa juga dari sebuah kampus yang memang menyisihkan uang untuk mahasiswa yang memiliki kendala khusus keuangan. Bantuan ini biasanya diberikan secara cuma-cuma tanpa harus diganti.

Beasiswa
Sudah tidak asing lagi kalau beasiswa adalah salah satu cara untuk membantu biaya perkuliahan. Beasiswa yang diberikan biasanya digunakan untuk bidang akademis atau profesional. Ada beberapa departemen keuangan dari universitas yang menawarkan program beasiswa.

Sumber: education-portal.com, kompas.com