Bantu Anak Agar Cepat Beradaptasi Melalui Cara Ini

3 April 2019 Artikel Pendidikan


Tidak bisa dihindari lagi, kehidupan kita akan selalu dipenuhi dengan perubahan-perubahan, baik yang sifatnya sepele sampai perubahan besar yang memaksa kita melakukan perombakan besar terhadap kebiasaan-kebiasaan yang selama ini kita lakukan. Demikian pula dengan anak-anak. Sepanjang hidup mereka kelak akan selalu berhadapan dengan kemungkinan terjadinya perubahan. Pada waktunya orang tua dituntut untuk mengenalkan anak pada lingkungan, dengan tujuan agar anak bisa beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sehingga bisa menjadi makhluk sosial yang bisa berbaur dan hidup normal. Dalam mengenalkan anak pada lingkungan, setidaknya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:

Adaptasi lingkungan

Untuk lingkungan, bisa berarti apa saja selain manusia, seperti cuaca, kesehatan dan sarana. Pastikan cuaca yang akan dihadapi anak bersahabat, pastikan juga kesehatannya bisa terjaga serta gunakan sarana yang baik, pakaian yang cocok dan fasilitas lainnya yang bisa mendukung anak nyaman saat berada di luar ruangan.

Adaptasi sosial

Untuk adaptasi sosial, bisa dilakukan dengan berbagai pendekatan, yaitu:
1. Pertemukan dan ikut sertakan dengan teman yang sebayanya: Bisa dengan mengenalkan dengan anak tetangga yang seumur, atau bisa juga dengan memasukkannya ke playgroup atau ke PAUD agar bisa bermain dan berinteraksi satu sama lain. Dengan adanya teman yang menemaninya, maka anak akan merasa tidak kesepian dan lebih berani menghadapi lingkungan.

2. Beri penilaian dari tindakannya adalah cara mengenalkan anak pada lingkungan yang cukup efektif. Anak pasti tidak tahu mana hal hal yang baik dan mana yang kurang baik. Oleh karena itu, berikan pujian saat anak melakukan hal baik seperti berbagi makanan dengan temannya, ataupun membantu temannya yang jatuh untuk bangkit. Dan berikan teguran yang halus atau ekspresi wajah yang kecewa saat anak melakukan hal yang kurang baik. Cara ini akan memberikan statement pada anak, apa yang sebaiknya dilakukan dan apa yang sebaiknya dihindari saat berinteraksi.

3. Dampingi dan lindungi anak saat berinteraksi dengan orang lain pada awalnya. Kemudian kurangi hal ini secara bertahap hingga anak sudah bisa mandiri dan tahu cara berinteraksi yang baik terhadap lingkungan tanpa bimbingan dan pengawasan orang tuanya. Jika anak sudah bisa lepas dan mandiri, orang tua masih bisa mengontrol dengan melakukan evaluasi dan menanyakan kepada anak apa saja kegiatan yang dilakukannya di luar rumah.

Itulah cara mengenalkan anak pada lingkungan, agar anak bisa menjadi makhluk sosial yang sukses.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)