Bahayanya Virus di Ponsel Anda

1 November 2012 Artikel Pendidikan


Apa yang anda pikirkan mengenai kemajuan teknologi di zaman modern ini? Ya, sangatlah pesat bahkan tidak ketinggalan dengan alat canggih satu ini yaitu telepon genggam atau di zaman ini disebut Handphone atau Hp. Seiring dengan perkembangan zaman, handphone ini di buat se-fleksibel mungkin dan di lengkapi dengan fitur-fitur yang menarik serta aplikasi yang memudahkan orang dalam berkomunikasi dengan orang lain. Apalagi para remaja yang pasti tidak asing lagi dengan alat yang satu ini. Mereka yang dulunya untuk berkomunikasi jarak jauh hanya bisa mengirim surat, sekarang cukup dengan sms-an saja sudah bisa mengutarakan isi hati, Tanya kabar dan lainnya. bahkan bisa dengan aplikasi social network seperti facebook, twitter, yahoo, gmail dan aplikasi lain yang dapat mempererat komunikasi dengan sesama.

Namun dibalik itu semua, mungkin beberapa orang tidak tahu jika handphone itu ternyata ada virusnya juga sama seperti komputer kita. Yang namanya virus, pastilah merugikan. Masih binggung dengan aneka virus di handphone anda? Nah .. dalam artikel ini, akan disebutkan beberapa virus-virus yang sangat berbahaya bagi handphone anda. Berikut ada 10 nama virus yang berbahaya bagi Hp anda:

1. Cabir

Virus ini ditemukan pada bulan Juni tahun 2004. Cabir merupakan virus worm (cacing) yang dapat menyebar ke Handphone anda melalui koneksi Bluetooth dan dapat masuk ke inbox pesan dengan nama-nama yang menarik. Cabir akan memulai penyebaranya melalui Bluetooth dengan Handphone lainnya ketika file yang memiliki nama yang menarik tersebut dibuka dan diinstal. Bluetooth akan diaktifkan secara periodic oleh Cabir selama 15-20 menit sekali.virus Cabir ini tdak terlalu berbahaya untuk Handphone anda namun memiliki dampak yang negative juga yaitu memperlambat kinerja Handphone anda dan baterai anda akan mudah bocor karena Bluetooth nyala terus-menerus akibat virus ini. Nama lain dari virus ini adalah Cabir.A, EPOC/Cabir.A, Worm.Symbian.Cabir.a, Caribe.

2. Skulls (Virus bergambar Tengkorak)

Virus ini ditemukan pada November 2004. Virus skull dapat menyerang ponsel anda ketika anda sedang browsing dengan menggunakan ponsel anda. Virus ini akan terinstal dengan sendirinya dan mengubah icon-icon yang terdapat pada ponsel anda berubah menjadi gambar tengkorak, merusak semua aplikasi yang ada dan lebih buruknya lagi ponsel anda tidak bisa digunakan lagi dan hanya bisa menelepon dan menerima panggilan saja. Biasanya tanda-tanda ponsel anda terkena virus ini adalah ketika ponsel anda menampilkan pesan "beta_092_free-sms-RM8″ dan menampilkan beberapa pesan-pesan yang aneh. Nama lain dari virus ini adalah SymbOS.skulls, skulls.sis, Extenhded theme.sis.

3. CommWarrior

Virus ini ada sejak tahun 2005. Virus ini terkadang keberadaanya tidak disadari karena nama dari virus ini tidak menentu dan virus ini sangat beragam. Virus ini dapat menyerang ponsel anda melalui Via Bluetooth dan MMS. Selain itu virus ini juga secara otomatis akan mengirim MMS kesemua nomor kontak yang anda punya dan virus yang popular adalah Commwarrior T. kerusakan yang burk dari virus ini adalah virus ini dapat menhabiskan pulsa anda karena terus mengirim MMS secara terus menerus.

Tanda - tanda ponsel anda terkena virus ini adalah virus ini akan member pesan seperti ini:

"Introduction Surprise! Your phone infected by CommWarrior worm v3.0. Matrix has you, CommWarrior inside. No panic please, it is very interesting to have mobile virus at own phone. This worm does not bring any harm to your phone and your significant data. About CommWarrior worm for Nokia Series60 provides automatic real-time protection against harmful Anti-Virus content. CommWarrior is free software and is distributed in the hope that it will be useful, without any warranty. Thank you for using CommWarrior. CommWarrior © 2005-2006 by e10d0r."

Jika ponsel anda menampilkan pesan seperti diatas, maka siap-siap ponsel anda terkena virus ini.

4. Locknut

Virus ini tipe Trojan yang menggunakan Backdoor dalam symbian60. Virus ini dikategorikan sangat berbahaya karena dapan mengubah ekstensi ponsel anda seperti mengubah data binary (.bin) dalam ROM (Read Only Memory) yaitu pembaca memory dari ponsel anda menjadi hancur dan menyebabkan sistim operasi ponsel anda berhenti. Dan lebih parah lagi, virus ini akan akan merusak file-file penting pada ponsel anda dan membuat ponsel anda tidak dapat membuka aplikasi yang ada. Dengan demikian, ponsel anda akan terkunci total oleh virus ini. Virus ini dapat menyebar ketika anda sedang men-download di internet.

5. Fontal

Sama seperti Locknut namun bedanya jika Locknut "menyiksa" ponsel anda secara perlahan namun pasti, tapi Fontal akan mengunci ponsel anda sejak pertama kali anda nyalakan.

6. RommWar

Virus ini dapat menyebar melalui Bluetooth, MMS dan internet. Kerusakan yang terjadi pada virus ini adalah ponsel anda tidak dapat melakukan booting, sering restart sendiri, ketika ponsel anda sedang beroperasi, pada layar akan menunjukan pesan "Install Stoper by WarriorMarrior?". Selain itu virus ini bisa mencegah handphone menyala saat dinyalakan dan mematikan fungsi tombol power. Nama lain dari virus ini adalah theme.sis, xxx.sis, Britney_.sis dan nama lainnya yang dapat membuat orang tertarik untuk menginstalnya.

7. DoomBoot

Virus ini dapat menular melalui Bluetooth. Virus ini membuat file-file menjadi corrupted dan mencegah reboot pada ponsel anda. Jika ponsel anda bisa di reboot, maka secara otomatis akan menghapus isi dari data-data dari memory ponsel anda. Selain itu virus ini dapat memudahan baterai ponsel anda cepat habis karena terus menerus menggunakan koneksi Bluetooth.

8. CardTrap

Virus ini menyebar melalui memory card. Kerusakan yang diakibatkan oleh virus ini adalah aplikasi penting menjadi malfungsi, kekacauan fungsi keypad dan dapat menyerang computer berbasis windows juga sebagai virus handphone pertama yang dapat menyerang Komputer. Jika virus ini masuk ke PC, maka virus ini akan berkembangbiak dan menyebar untuk menghancurkan sistim operasinya dan buruknya virus ini dapat mematikan antivirus. Biasanya virus ini menyamar sebagai nama-nama Game seperti KingKong, Battlefield 2, HalfLife, dan nama game lainnya.

9. PBstealer

Virus ini dapat tersebar melalui Bluetooth. Kerusakan yang diakibatkan oleh virus ini adalah mengeksploitasi data penting anda seperti nomor kontak, agenda, database, dan mencengangkan lagi, virus ini adalah buatan Indonesia. Virus ini dapat mengopy data dari ponsel anda dan mengirimkan datanya ke ponsel lain. Memang kelihatan tidak berbahaya, namun jika ada orang yang melakukan tindakan criminal terhadap anda, bagaimana?

10. AppDisabler

Diantara ke sepuluh virus, inilah yang paling berbahaya. Mengapa paling berbahaya? Karena virus ini dapat menggabungkan virus - virus lain menjadi satu seperti Cabir,Locknut dan lainnyamenjadi satu dan menyebarkan ke ponsel anda sehingga menyebabkan seluruh operasi ponsel anda mati total.

Untuk itu berhati-hatilah bagi pengguna Ponsel tipe Os-Symbian, Android, Windows Phone dan lainnya.untuk mencegah agar virus berbahaya ini tidak menyebar ke ponsel anda adalah setiap anda selesai Bluetooth, jangan lupa untuk menonaktifkannya karena kemungkinan besar ada yang mengirimkan virus ke ponsel lain termasuk ponsel anda, scan ponsel anda 1 minggu sekali untuk menghilangkan virus dan tentunya pakailah antivirus yang bermutu.

(Dikutip dari berbagai sumber)