Bahaya Memperkenalkan Facebook pada Anak Anak Usia Dini

28 Februari 2014 Artikel Pendidikan


Facebook adalah jejaring sosial yang belakangan ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dirintis sejak tahun 2004, facebook sudah menjadi jejaring sosial masyarakat yang diminati berbagai kalangan. Dampak Facebook terhadap Perkembangan Sosial Masyarakat dibuat berdasarkan permasalahan umum yang ada di kalangan masyarakat pada umumnya baik itu dari segi dampak positif maupun dampak negatifnya

Perkembangan dunia modern yang makin pesat membuat semakin was-was dalam mendidik anak. Tak seperti dahulu, rasanya jendela dunia semakin terbuka dengan adanya gadget. Tentu saja, gadget sangat identik dengan yang namanya jejaring sosial, terutama Facebook. Kalau Anda dulu waktu kecil bermain bersama teman-teman sebaya Anda. Namun sekarang jaman berubah. Mirisnya, anak jaman sekarang bahkan lebih senang bermain gadget dan terlebih jejaring sosial. Ada baiknya, Anda sebagai orang tua menjauhkan anak dari jejaring sosial terutama Facebook. Kenapa? Dilansir dari boldsky.com, ini alasannya.

Ancaman privasi

Namanya juga anak-anak, bisa saja mereka tanpa sengaja memberikan informasi pribadi kepada orang yang baru saja mereka kenal. Informasi pribadi ini bisa saja disalahgunakan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Konten yang tidak pantas

Facebook memang didesain khusus untuk orang dewasa. Ada beberapa konten dalam Facebook yang bisa mematikan pikiran anak. Belum lagi, Facebook sangat leluasa dalam mendownload gambar dan video. Bagaimana kalau tanpa sengaja anak Anda melihat hal yang belum waktunya dilihat?

Penyakit budaya

Banyaknya budaya baru memang harus diperhatikan sebaik mungkin. Banyak kesalahan orang tua adalah menerima budaya baru tanpa menyaringnya. Kalau orang tua saja bisa salah. Apalagi anak-anak? Mereka akan menerima setiap budaya baru tanpa disaring dan ini bisa disebut penyakit budaya.

Orang-orang 'jahat'

Ada banyak jenis pengguna Facebook. Tak menutup kemungkinan beberapa dari mereka adalah orang-orang 'jahat'. Dari pada anak Anda terjerumus dengan orang yang salah, ada baiknya jauhkan Facebook dari anak-anak.

Itulah bahaya Facebook terhadap anak Anda. Kalau Anda mengijinkan anak bermain Facebook, jangan biarkan anak Anda lepas dari pengawasan Anda,

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)