Bagi yang Putus Sekolah, Ayo Ikuti Kejar Paket A, B atau C!

2 Februari 2015 Artikel Pendidikan


Banyak sekali kendala yang dialami seseorang yang tidak dapat melanjutkan sekolah. Bisa karena tidak lulus ujian, keterbatasan biaya, pekerjaan, dan faktor lain yang membuat tidak bisa melanjutkan sekolah. Namun sekarang ada yang namanya Kejar Paket. Apa itu Kejar Paket?

Kelompok Belajar atau Kejar merupakan jalur pendidikan nonformal yang dibuat oleh pemerintah bagi siswa yang melajar tidak melalui jalur sekolah, atau bagi siswa yang belajar di sekolah berbasis kurikulum non pemerintah. Siswa Kejar umumnya memakai seragam baju putih dan celana panjang hitam.

Kejar terdiri dari tiga paket, yaitu Paket A, Paket B, dan Paket C. Paket A adalah Sekolah Setara SD, Paket B adalah Sekolah Setara SMP, dan Paket C adalah Sekolah Setara SMA. Setiap siswa Kejar dapat mengikuti ujian kesetaraan yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional. Ujian tersebut berlangsung dua kali.

Setiap siswa yang lulus berhak mendapatkan sertifikat berupa ijazah yang setara dengan pendidikan formal. Kegiatan belajarnya fleksibel, dimana waktu belajarnya tidak penuh satu minggu.

Kejar dibagi dalam dua kelompok usia, yaitu kelompok usia muda dan kelompok usia dewasa, artinya di luar usia belajar formal. Kelompok usia muda mengikuti kegiatan belajar ini selama enam semester, sedangkan untuk kelompok usia dewasa selama empat semester.

Ijazah dari Paket C dinilai sama dengan Ijazah SMA formal yang dapat dipergunakan untuk melamar kerja, melanjutkan kuliah di PTN atau PTS dalam dan luar negeri, penyesuaian golongan jabatan di TNI, POLRI, PNS dan pegawai swasta.

Lembaga yang menyediakan fasiliat Kejar Paket disebut Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Salah satunya adalah PKBM Global. Lembaga ini berpusat di Jakarta Pusat. Untuk informasi lengkapnya, dapat dilihat di Info Kejar Paket

Jangan cepat putus asa bila Anda tidak dapat melanjutkan sekolah. Masih banyak jalan untuk menuntut ilmu dan kesuksesan.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari kejar-paket-c-jakarta.com dan sumber lainnya)