Bagaimana Sih Menjadi Seorang Guru yang Menyenangkan?

25 November 2014 Artikel Pendidikan


Menjadi seorang guru merupakan profesi yang luar biasa dan sungguh mulia. Karena guru adalah seorang terdidik yang mendidik yang belum berpendidikan. Mencerdaskan putra-putri bangsa tanpa tanda jasa.

Berbicara soal guru, menjadi seorang guru yang menyenangkan itu seperti apa sih?

Tentunya seorang guru ingin membangun suatu komunikasi yang baik dengan siswanya. Agar siswa tersebut dapat memahami dengan mudah tanpa adanya tekanan dan pembelajaran satu arah. Suasana menyenangkan di dalam kelas, merupakan dambaan setiap guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Karena dengan hal tersebut, siswa maupun guru dapat melakukan perannya dengan baik.

Bagaimana caranya menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan tersebut?

Membangun komunikasi merupakan kunci penting dari ini semua. Tapi, dengan memberikan peraturan yang jelas pada siswa menjadi hal yang harus diperhatikan juga yang bertujuan untuk pengendalian.

Berikut adalah tips menciptakan komunikasi yang efektif antara guru dan siswa agar suasana kelas menjadi menyenangkan:

Ciptakan first impression yang baik

Di setiap tahun ajaran baru, pastinya Anda akan menemui murid-murid baru dan harus menciptakan image yang berkesan agar murid merasa nyaman belajar dengan Anda. Buatlah suatu diskusi untuk membuat peraturan di kelas, akrab dengan semua murid dan lakukanlah pertanyaan hangat sehingga murid merasa dianggap dan adil.

Jadilah guru yang selalu up to date

Dengan menyelingi berita yang sedang hangat diperbincangkan kepada muridnya, akan membuat murid menganggap gurunya berwawasan dan selalu up to date. Mempunyai akun social media juga dapat membantu mengawasi kegiatan murid di luar sekolah dan berbincang lebih akrab dibandingkan di kelas.

Pahami gaya belajar siswa

Tentu kemampuan siswa satu dan yang lainnya berbeda-beda. Begitu pula gaya belajarnya. Maka dari itu, guru harus melakukan pembelajaran yang variatif dan kreatif ke murid-muridnya.

Lakukan seperti Anda ingin diperlakukan

Setiap guru tentu ingin dan berharap orang lain memperlakukan Anda dengan hormat, berkomunikasi dengan jelas, dan memberikan tanggapan yang sesuai. Sikap empati dan melibatkan diri berdiskusi dengan siswa akan mengurangi sikap defensif dan memungkinkan para siswa merasa nyaman.

Humor

Siswa tentunya sangat menyukai guru yang mempunyai selera humor dan sering membuat jokes dalam sisipan pembelajaran. Selain dapat mempererat komunikasi, siswa juga tidak akan tegang dalam menerima pelajaran.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)