Bagaimana Mengatasi Homesick?

4 Juni 2014 Artikel Pendidikan


Jika suatu hari Anda mendapatkan kesempatan untuk belajar atau bekerja di luar negeri untuk waktu yang cukup lama, apakah Anda akan merasakan rindu akan negara asal terutama rumah dan keluarga Anda? Perasaan rindu ini dinamakan Homesick. Perasaan ini dapat muncul ketika seseorang berada jauh dari lingkungan asal yang membuatnya nyaman dalam waktu yang cukup lama.

Ini merupakan hal wajar dan dialami banyak orang. Perasaan homesick ini akan membuat seseorang menjadi lebih sensitif dan melankolis. Ia cenderung mendramatisir perasaan sedih yang dialaminya. Ia akan mudah merasa terisolasi, sedih, dan kosong. Selain berpengaruh pada kondisi mental kejiwaan seseorang, homesick juga bisa mempengaruhi kondisi tubuh.

Nah, tentunya kita tidak mau perasaan homesick ini membuat semangat kita untuk belajar atau bekerja menjadi menurun bukan? Untuk itu lihat tips dan trik untuk atasi homesick berikut ini:

Sibukkan Diri dengan Kegiatan Positif
Jika belum menemukan seorang teman yang klik, sibukkanlah diri dengan kegitan yang positif. Daripada termenung sendirian, lakukanlah kegiatan yang Anda suka pada saat libur atau waktu luang. Bisa dengan berolahraga atau mengunjungi area wisata setempat. Mungkin saja, di sana Anda akan menemukan seorang kawan yang memiliki hobi atau ketertarikan yang sama.

Bersosialisasi dan Cari Teman Baru
Kehadiran seorang teman memang akan sangat membantu Anda yang kerap kesepian atau kebingungan ketika harus pindah ke tempat baru. Ia bisa menjadi teman curhat atau penolong ketika Anda jauh dari keluarga dan sahabat. Apalagi jika teman tersebut sudah lama tinggal di sana, Ia bisa menjadi guide sehingga Anda jadi lebih kenal daerah.

Luangkan Waktu untuk Tetap Komunikasi dengan Keluarga dan Sahabat
Kangen orang tua, sahabat, atau pacar? Telepon saja. Kecanggihan teknologi jaman sekarang bahkan memungkinkan Anda bertatap muka melalui video call dengan keluarga atau teman-teman. Namun pastikan juga untuk tidak menggangu kegiatan mereka.

Cari Kawan dari Daerah yang Sama
Tinggal di daerah yang kurang familiar kerap membuat seseorang merasa tidak nyaman. Memiliki teman dari daerah yang sama dapat membuat Anda sedikit menghilangkan kerinduan akan rumah. Dengan kebiasaan atau bahasa yang serupa, Anda akan cepat akrab dengannya karena memiliki ikatan emosional yang kuat. Cari di sosial media komunitas perkumpulan daerah yang bisa Anda ikuti.

Bawa Barang-Barang Khas Rumah
Untuk menghilangkan rasa homesick, bawa saja barang-barang yang mengingatkan akan rumah atau daerah seperti bantal kesayangan atau makanan khas kota Anda. Meski tak bisa mengobati sepenuhnya, setidaknya rasa rindu bisa sedikit berkurang.

Jadikan Pengalaman Berharga
Mungkin sekarang Anda berpikir bahwa hal in adalah sebuah masalah yang membebani. Namun pikirkan kembali, semua kesusahan yang Anda hadapi dapat menjadi pengalaman dan pelajaran yang berharga suatu hari nanti. Hal ini bisa membuat Anda lebih kuat dan lebih tegar dalam menghadapi tantangan selanjutnya dalam hidup Anda.

Sekarang Anda tidak perlu lagi merasa takut untuk belajar maupun kerja yang berlokasi jauh dari orangtua dan rumah. Meski tidak menghilangkan rasa homesick, minimal dapat mengurangi rasa rindu tersebut.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)