Bagaimana Cara Menjadi Orang Tua yang Baik? Simak Tipsnya Yuk

3 September 2014 Artikel Pendidikan


Sangatlah penting bagi para orang tua bahwa semua ajaran yang diberikan kepada anak-anaknya akan memotivasi diri anak secara alami dan bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan menghargai diri sendiri. Ajaran-ajaran yang sudah diberikan oleh kedua orang tua juga akan membuat sang anak merasa diperhatikan dan sangat dicintai oleh kedua orang tuanya.

Sangat sulit memang untuk memahami cara anak-anak jaman sekarang tumbuh dan menyerap informasi dan juga pengetahuan yang diberikan. Pada artikel ini Anda akan mendapatkan informasi tentang prinsip-prinsip menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak Anda seperti yang telah dilansir oleh boldsky.com. Ayo cari tahu.

  • Pastikan Anda juga memberikan peraturan untuk anak-anak. Ini akan membuat Anda lebih mudah mengontrol anak Anda terutama sikap mereka.
  • Setelah peraturan telah dibuat, Anda juga harus selalu konsisten. Jangan mengubah peraturan secara mendadak karena akan menyebabkan efek negatif. Anak juga akan menilai bahwa Anda tidak konsisten.
  • Anak-anak cenderung mengimitasi apa yang orang tua mereka lakukan. Untuk itu Anda harus ekstra hati-hati dengan apa yang Anda lakukan agar mereka bisa mendapatkan teladan yang baik.
  • Jangan terlalu longgar dan baik pada anak-anak. Anda juga harus menunjukkan sisi tegas Anda pada mereka agar anak-anak tetap menghormati Anda.
  • Sebagai orang tua sangatlah penting utntuk terlibat dalam aktivitas harian Anak Anda. Anda tak perlu terlibat langsung. Dengan menyediakan waktu bagi mereka untuk bercerita tentang pengalaman mereka di hari itu saja sudah cukup. Anda sudah mengambil peranan untuk hadir dalam hari-hari mereka. Tambahkan saran-saran yang berguna untuk mereka agar anak-anak jadi selalu ingin untuk berbagi dengan Anda.


Semoga tips diatas dapat membantu Anda untuk menjadi orangtua yang bijaksana, sabar, cerdas dan kreatif dalam mendidik, mengasuh dan membesarkan sang buah hati Anda.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)