Ayo! Tingkatkan Kreativitas Anak dengan 6 Kegiatan Seru Ini

29 Juni 2014 Artikel Pendidikan


Pertumbuhan dan perkembangan pada anak begitu penting dalam penialaian orangtua manapun. Usia dini adalah usia yang paling kritis atau paling menentukan dalam pembentukan karakter dan kepribadian seseorang. Perolehan kesempatan untuk dapat mengoptimalkan tugas-tugas perkembangan pada usia dini sangat menentukan keberhasilan perkembangan anak selanjutnya.

Pada saat usia taman kanak-kanak, buah hati Anda seakan dituntut menguasai beberapa kemampuan dasar seperti berhitung dan menulis. Mengenal angka, huruf, dan bentuk-bentuk merupakan aktivitas yang akan dilakukannya sehari-hari di sekolah. Mengingat masih berada pada usia bermain, bukan tidak mungkin ia ogah-ogahan ketika harus belajar menulis karena dianggap sebagai kegiatan yang membosankan.

Akibatnya, kemampuan menulis anak akan sulit berkembang. Bayangkan, ketika teman-teman sekelasnya bisa dengan cepat mengikuti pelajaran menulis sedangkan putra Anda sendiri tertinggal di belakang. Itu akan membuatnya merasa tertekan dan malah tak mau belajar.

Menyiasati hal tersebut, di bawah ini adalah beberapa daftar aktivitas seru yang bisa Anda lakukan bersama si kecil untuk membuatnya belajar menulis.

Pada prinsipnya, aktivitas tersebut dimaksudkan untuk mengubah pola pikir anak bahwa ternyata belajar menulis juga merupakan kegiatan yang asyik dilakukan. Rasa senang saat belajar diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulisnya. Tapi, sebelum melakukan aktivitas seru berikut, pastikan bahwa putra-putri Anda telah fasih dan mengenali setiap bentuk huruf alfabet. Sekarang mari kita intip langkah-langkahnya:

1. Sediakan alat tulis

Selain aktivitas seru di atas, ada 1 hal lagi yang dapat meningkatkan semangatnya menulis, yaitu dengan peralatan tempur yang lucu. Sediakan pensil dan pulpen berbentuk lucu serta media tulis seperti kertas berwarna, sticky notes, atau doodle pads. Letakkan semua peralatan ini di tempat strategis supaya ia dapat menemukan pensil imutnya dengan mudah saat ingin menulis.

2. Tinta gaib

Eits, jangan langsung mengasosiasikan kata gaib dengan sesuatu yang mistis ya. Tinta gaib ini digunakan untuk menuliskan kata pada punggung si kecil. Pernah melakukan permainan ini, kan? Coba tuliskan kata-kata lucu dan sederhana di punggungnya dan suruhlah ia menebak kata tersebut. Si kecil pun harus melakukan hal yang sama, menulis di punggung Anda dengan tinta tak tampak.

3. Latih cara pegang

Tidak bisa memegang pensil dengan benar bisa menurunkan semangat menulisnya. Buatlah aktivitas seru yang membuatnya mau belajar memegang pensil, misalnya bermain sandiwara. Berpura-pura berada di restoran, si kecil yang berperan sebagai pelayan harus menuliskan pesanan makanan Anda di atas kertas. Menjadi rock star juga merupakan ide seru yang lain. Pura-pura meminta tanda tangan bintang rock kecil tersebut supaya ia merasa tersanjung dan termotivasi memegang pensil dengan benar.

4. Berikan surat cinta

Berikanlah surat cinta padanya, berisi pertanyaan lucu dan sederhana yang dituliskan pada selembar kertas, lalu letakkan di tempat-tempat tak terduga seperti di bawah bantal, pintu lemari, dalam kotak pensil, dsb. Si kecil harus menuliskan jawabannya di bagian lain kertas dan meletakkannya di tempat mengejutkan lainnya.

5. Seni di luar rumah

Sesekali belajar di luar ruangan bukanlah ide yang buruk. Ajak ia ke halaman dan ambillah ranting pohon atau apapun yang bisa dipakai menulis. Instruksikan untuk menulis kata dalam ukuran besar hingga bisa dilihat dari luar angkasa, dan ukuran mini agar semut dapat ikut membacanya juga. Aktivitas sederhana dan konyol ini bisa menjadi media belajar sekaligus hiburan.

6. Jadikan asisten

Buatlah ia menjadi asisten kecil yang membantu Anda menuliskan daftar belanjaan, alamat pada amplop, atau membuat catatan kegiatan kecil pada kalender.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)